SERANGAN TERORISME

BNPT Sebut Tak Ada Serangan Terorisme Sejak 2023 hingga Juni 2024

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 Juni 2024 | 19:09 WIB
Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Kepala Badan Nasional  Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengatakan, tidak ada aksi terorisme di Indonesia sepanjang tahun 2023 hingga Juni 2024.

“Alhamdulillah tidak terjadi satu pun serangan aksi terorisme di Indonesia atau yang biasa kita sebut zero terrorist attack,” kata Rycko, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 27 Juni 2024.

Menurutnya, keberhasilan penanggulangan terorisme tersebut juga merupakan hasil dari kerja Densus 88 bersama TNI yang selalu sigap menjaga keamanan negara.

Terlebih berdasarkan Global Terrorism Index (GTI) Indonesia saat ini berada di posisi ke-31 negara dengan ancaman teror tertinggi. Artinya, terus membaik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2022 dan 2023, Indonesia berada di urutan ke-24.

Namun, ia mengingatkan kepada semua pihak, khususnya pemerintah untuk tidak lengah dan merasa puas dengan pencapaian tersebut, karena aksi teror harus terus diwaspadai.

“Dalam teori gunung es, kondisi ini merupakan fenomena yang muncul di atas permukaan. Sementara itu, di bawah permukaan terjadi peningkatan konsolidasi sel-sel teror,” tandasnya.sinpo

Komentar: