Polisi Tetapkan Ketua Panitia Konser Lentera Ricuh di Tangerang sebagai Tersangka

Laporan: Firdausi
Kamis, 27 Juni 2024 | 14:09 WIB
Panggung Lentera Festival sebelum kericuhan terjadi. (SinPo.id/Instagram/@lentera.festival)
Panggung Lentera Festival sebelum kericuhan terjadi. (SinPo.id/Instagram/@lentera.festival)

SinPo.id - Polisi menetapkan Ketua Panitia Konser Lentera Festival di Pasar Kamis, Tangerang bernama Muhammad Dian Permana alias MDPA (27) sebagai tersangka terkait kasus dugaan penggelapan dan penipuan.

Kini, MDPA sudah ditangkap setelah sempat kabur ke Lebak, Banten.  

"Sudah jadi tersangka. Kita tetapkan menjadi tersangka berdasarkan barang bukti cukup dan dari hasil gelar perkara," kata Kasat Reskrim Polresta Tangerang Kompol Arief Nazarudin kepada wartawan pada Kamis, 27 Juni 2024. 

Dari pengakuan pelaku, kata Arief, tersangka melarilan diri karena menghindari jeritan hukum dalam kasus kericuhan konser tersebut. 

"Jadi pelaku melarikan diri menghindari jeritan hukum," ujarnya. 

Saat ditangkap, MDPA juga tidak melakukan perlawanan. Sebab pengakuannya dirinya ke Labak Banten hanya untuk menenangkan diri. 

"Saat ditangkap tidak ada perlawan. Karena lokasi tempatnya 'paniisan' kalau bahasa sundanya paniisan itu tempat menenangkan diri," ujarnya. 

Atas perbuatannya, MDPA dijerat dengan dugaan tindak pidana perlindungan konsumen dan atau tindak pidana penipuan dan atau tindak pidana penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 62 Ayat (1) Jo Pasal 81 huruf f dan/atau Pasal 62 Ayat (2) Jo Pasal 16 , Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau Pasal 378 KUH-Pidana dan atau Pasal 372 KUH-Pidana.  

Sebelumnya, konser Lentera Festival di Lapangan Kebeng, Pasar Kemis, Tangerang berakhir ricuh karena dua band papan atas Indonesia yakni NDX dan Guyon Waton gagal manggung di acara tersebut.

Kapolsek Pasar Kemis AKP Ucu Nuryandi mengatakan kronologi kerusuhan itu dimulai ketika para penonton kecewa karena NDX dan Guyon Waton tak kunjung tampil pada waktu yang ditentukan.

"Penonton kecewa karena pertunjukan sampai jamnya tidak dimulai. Informasi artis belum lunas dibayar," jelasnya.

Disampaikan Ucu, para penonton yang kecewa itu naik ke atas panggung sehingga membakar sejumlah fasilitas yang ada di atas panggung.

"Bentuk rasa kekecewaan penonton saja. Panitia tidak ada yang muncul, karena takut," tuturnya

Buntut peristiwa itu, panitia konser Lentera Festival pun membuat laporan ke pihak berwajib. Dalam laporan itu, pihak panitia mengalami kerugian hingga Rp800 juta lantaran uangnya dibawa kabur oleh Dian.

"Estimasi kerugian Rp800 juta," jelasnya.sinpo

Komentar: