PAN Sebut Ridwan Kamil Punya Kans Kuat Maju di Pilkada Jakarta

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 26 Juni 2024 | 21:18 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno (SinPo.id/Galuh)
Sekjen PAN Eddy Soeparno (SinPo.id/Galuh)

SinPo.id - Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut jika sosok yang punya kans kuat untuk dicalonkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilkada Jakarta 2024 ialah Ridwan Kamil (Kang Emil). Kang Emil diyakini mampu menandingi calon gubernur (cagub) lain.

"Ya sejauh ini yang selalu digadang-gadang adalah Pak RK sampai saat ini itu masih dalam pembahasan kita," kata Eddy di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2024.

Menurutnya, saat ini yang harus mengikhlaskan Kang Emil maju di Pilkada Jakarta adalah Partai Golkar. Sehingga, kata dia, apa pun yang diputuskan nanti berdasarkan kesepakatan KIM.

"Jadi ibaratnya yang perlu mengikhlaskan terlebih dahulu adalah Partai Golkar. Kami sangat berharap apa pun nanti output-nya hasil pembicaraan kita di antara para ketum parpol di dalam KIM menghasilkan pasangan calon yang bersama-sama diusung lengkap oleh KIM," ujarnya.

Eddy menekankan sejak awal KIM bertekad untuk bersama-sama dalam Pilgub, khususnya di pulau Jawa termasuk Jakarta. Dia menyebut KIM akan menyiapkan calon-calon terbaik pada Pilkada 2024.

"Di Pulau Jawa kita bersepakat untuk bersama-sama dan ini adalah salah satu tekad kami agar di DKI ini kita akan bersama-sama mengajukan pasangan calon yang kita anggap mumpuni untuk bisa dimenangkan di Pilgub DKI," kata Eddy.

Kendati begitu, Eddy belum bisa memastikan kapan KIM akan mengumumkan calon yang akan diusung di Pilkada Jakarta. Dia menyebut sosok calon yang diusung tengah dibahas di internal KIM oleh para ketum parpol.

"Ya Mudah-mudahan. Kalau dikasih tenggat waktu saya kira ini kan namanya proses dan dialog politik tidak bisa dikasih batasan waktu. Jadi kita pun menghendaki kalau bisa secepatnya mengajukan nama yang definitif," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI