KPU Sebut Sudah Simulasi Pelantikan Kepala Daerah dengan Kemendagri

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 26 Juni 2024 | 19:45 WIB
Gedung KPU RI (SinPo.id/RRI)
Gedung KPU RI (SinPo.id/RRI)

SinPo.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim. Asy'ari menyebut pihaknya bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah membuat simulasi terkait jadwal pelaksanaan pelantikan kepala daerah terpilih 2024.

"Sudah dibuat simulasi-simulasinya. Kalau sudah matang nanti dibuatkan keputusan atau ketentuan tentang itu oleh pemerintah," ujar Hasyim dalam keterangannya, Rabu, 26 Juni 2024.

Kendati demikian, Hasyim menuturkan belum ada penetapan tanggal pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2024. Dia pun berharap tanggal pelantikan dapat segera ditetapkan oleh pemerintah. 

Apalagi, kata dia, saat ini proses pilkada sudah mulai berjalan. Hasyim mengaku belum ditetapkannya tanggal pelantikan membuat KPU kerepotan.

Adapun Peraturan KPU (PKPU) yang bakal memayungi proses Pilkada masih diharmonisasi oleh KPU dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) buntut Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 24 terkait usia minimal pencalonan.

"Nah, karena genap usia itu pada saat pelantikan maka kami dari pihak KPU memandang penting ada rumusan kebijakan dari pemerintah tentang sebetulnya kapan sih pelantikan itu. Kalau tidak ada, KPU akan mengalami kerepotan sebetulnya kapan pelantikan itu dilaksanakan,” ungkap dia. 

Lebih jauh, dia menegaskan, pelantikan kepala daerah terpilih nantinya sudah bukan ranah KPU melainkan pemerintah.

"Kalau pelantikan pilkada itu bukannya urusannya KPU lagi. KPU sampai menghantarkan ke calon terpilih," tandasnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI