Aria Dharma Raup Suara Tertinggi Bacalon Walikota Mataram 2024

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 26 Juni 2024 | 16:01 WIB
Sekwan DPRD Kota Mataram, Aria Dharma (Sinpo.id/Tribun NTB)
Sekwan DPRD Kota Mataram, Aria Dharma (Sinpo.id/Tribun NTB)

SinPo.id -  Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis survei terbarunya untuk mengukur elektabilitas dan popularitas bakal calon (Bacalon) walikota Mataram pada Pilkada 2024.

Dalam survei tersebut, sekretaris dewan (Sekwan), Aria Dharma meraup suara responden tertinggi dalam survei.

"Aria Dharma yang menjabat sebagai sekretaris dewan menjadi tokoh yang paling banyak diinginkan untuk memimpin kota Mataram," ujar Direktur Eksekutif LKPI, Togus Lubis dalam keterangannya, Rabu, 26 Juni 2024.

Togu menjabarkan, Aria Dharma secara Top of Mind meraup 25,8 persen suara responden. Di susul urutan kedua walikota Mataram, Mohan Roliskana dipilih sebanyak 21,7 persen.

Kemudian, Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman dipilih 17,9 persen. Selanjutnya, Hj. Putu Selly Andayani dipilih 8,7 persen responden.

Aria Dhamrma juga meraup suara tertinggu dalam simulasi 6 nama bakal calon walikota Mataram yang terdiri dari H Mohan Roliskana, TGH Mujiburrahman, Hj Selly Andayani, H Muzihir, Lalu Aria Dharma dan Abd Rahman.

Hal ini berdasarkan survei dengan pertanyaan tokoh mana yang jadi pilihan anda sebagai Walikota Mataram jika pilwako digelar hari ini? Hasil tabulasi dari pengumpulan pilihan di kuisioner yang dibagikan pada 1250 Responden hasilnya

"Aria Dharma dipilih sebanyaknya 30,7 persen. Di urutan kedua H Mohan Roliskana dipilih sebanyak 26,6 persen. Kemudian TGH Mujiburrahman dipilih sebanyak 20,8 persen dan Hj Selly Andayani dipilih sebanyak 9,3 persen, H Muzihir sebanyak 5,7 persen, dan Abd Rahman sebanyak 3,1 persen," jelas Togu.

Menanggapi hasil survei LKPI, Pengamat politik,Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, Ludiro Madu menilai bahwa naiknya elektabilitas Sekwan) DPRD Kota Mataram, Aria Dharma karena  masyarakat ingin adanya perubahan dalam Peningkatan ekonomi.

“Ya naiknya elektabilitas Sekwan DPRD Kota Mataram, Lalu Aria Dharma, karena Masyarakat Mataram ingin yang berubah dan meningkatnya ekonomi untuk Masyarakat,” kata Ludiro kepada awak media, Rabu, 26 Juni 2024.

Ludiro menyebutkan, Masyarakat Mataram sudah tidak melihat lagi sosok pertahanan saat ini, karena banyak yang ingin pemimpin yang lebih paham akan keinginan masyarakatnya dan kinerja yang membuat dampak baik untuk perubahan Kota Mataram. Hal ini menjadi peluang Lalu Aria Dharma untuk memenangkan pilwakot Kota Mataram.

“Masyarakat jenuh dengan pemimpin petahanan yang kinerja dianggap kurang memperhatikan warganya, dan mereka lebih cenderung pemimpin baru, seperti  Lalu Aria Dharma yang menjadi pilihan Masyarakat Kota Mataram karena mereka lebih merasa sosok Sekwan itu mampu membawa perubahan bagi pembangunan kota Mataram,” jelas Ludiro.

Sebagai informasi, survei ini melibatkan 1250 Warga Kota Mataram yang tersebar 50 kelurahan di Kota Mataram secara proposional berdasarkan Daftar Pemilih Tetap pemilu 2024 .

Penarikan data dalam survei ini mengunakan metode multistage random sampling ,Survei ini memiliki margin of error -/+2,77 persen dan Tingkat Kepercayaan 95 persen. Adapun rentang survei dilakukan sejak 11 juni sd 22 Juni 2024.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI