ICC Keluarkan Surat Perintah Penangkapan untuk Mantan Menteri Pertahanan Rusia

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 26 Juni 2024 | 10:55 WIB
Presiden Vladimir Putin bersama Jenderal Valery Gerasimov (kiri) dan Sergei Shoigu (kanan). (SinPo.id/AP)
Presiden Vladimir Putin bersama Jenderal Valery Gerasimov (kiri) dan Sergei Shoigu (kanan). (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk mantan menteri pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan kepala staf militer Rusia Jenderal Valery Gerasimov.

Keduanya dituduh telah kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan berupa tindakan tidak manusiawi, karena telah menargetkan warga sipil dalam perang di Ukraina.

Hakim yang menyetujui permintaan jaksa penuntut untuk surat perintah penangkapan mengatakan memiliki bukti bahwa keduanya sengaja menyebabkan penderitaan besar atau cedera serius pada tubuh atau kesehatan mental atau fisik warga sipil di Ukraina.

Selain itu, ICC juga menganggap mereka bertanggung jawab atas serangan rudal yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia terhadap infrastruktur listrik Ukraina dari 10 Oktober 2022 hingga setidaknya 9 Maret 2023.

"Selama jangka waktu ini, sejumlah besar serangan terhadap sejumlah pembangkit listrik dan gardu induk dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia di beberapa lokasi di Ukraina," kata ICC dalam sebuah pernyataan, dilansir dari ABC pada Rabu, 26 Juni 2024.

Kemudian di bawah kepemimpinan Shoigu dan Jenderal Gerasimov, militer Rusia telah meluncurkan gelombang serangan rudal dan pesawat tak berawak di Ukraina yang telah menewaskan ribuan orang dan merusak sistem energi negara itu serta infrastruktur vital lainnya.

Meski demikian, tidak ada kemungkinan kedua tersangka akan ditahan, karena Rusia bukan anggota pengadilan global, yang tidak mengakui yurisdiksinya, dan menolak menyerahkan tersangka.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI