Pimpinan MPR: Pancasila Harus Diimplementasikan dalam Kehidupan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 25 Juni 2024 | 13:37 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. (SinPo.id/Humas MPR)
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. (SinPo.id/Humas MPR)

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan hidup berbangsa harus diimplementasikan oleh setiap anak bangsa dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ini disampaikan Rerie dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI sekaligus peluncuran buku berjudul 'Pancasila di Rumahku' di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Senin, 24 Juni 2024.

"Dalam keseharian kita dalam bernegara seringkali muncul pertanyaan apakah yang kita lakukan saat ini sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang kita pahami?" kata Rerie dalam keterangan tertulis, Selasa, 25 Juni 2024.

Dia mengatakan pada era globalisasi dan kosmopolitanisme saat ini, upaya membangun bangsa tidak cukup didasari dengan memahami nilai-nilai Pancasila semata tanpa implementasi pada keseharian.

"Jangan sampai bangsa Indonesia justru terjebak kembali ke masa lalu dengan menempatkan Pancasila hanya sebagai sebuah hafalan," kata Rerie.

Untuk itu, sosialisasi empat pilar kebangsaan pun terus dilakukan oleh MPR RI. Salah satunya untuk menghindari hal tersebut.

Menurutnya, perjalanan dalam berbangsa dan bernegara Indonesia masih sangat panjang. Sehingga, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus terus disosialisasikan kepada generasi penerus agar dapat menjadi landasan perilaku.

Dalam kesempatan sama yang sama, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan kejujuran merupakan salah satu syarat untuk menjalankan nilai-nilai Pancasila. Dia menilai saat ini perilaku sosial Indonesia cenderung penuh dengan hipokrasi.

"Kita harus mempersiapkan generasi muda dengan baik agar mampu memahami dan mengamalkan Pancasila dengan benar," kata Surya Paloh.sinpo

Komentar: