SERVER PDN DOWN

Komisi I: Pemerintah Perlu Menyempurnakan Penanganan Gangguan PDN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 24 Juni 2024 | 20:18 WIB
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid (SinPo.id/ Dok. DPR)
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid (SinPo.id/ Dok. DPR)

SinPo.id - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menilai pemerintah perlu menyempurnakan penanganan gangguan pada sistem Pusat Data Nasional (PDN). Penyempurnaan penting untuk menuntaskan gangguan PDN satu persatu.

Menurut Meutya, pihaknya telah menerima informasi dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi bahwa gangguan yang terjadi itu menyasar PT Telkom. Komisi I meminta masalah tersebut diselesaikan dengan cepat.

"Sepertinya ada sektor-sektor lain yang juga terdampak, ini sedang dimitigasi, di mana saja terdampak dan itu akan diselesaikan satu persatu," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 24 Juni 2024.

Dia mengatakan perbaikan terhadap adanya gangguan PDN itu harus betul-betul dilakukan karena menyangkut nama baik bangsa Indonesia. Dalam hal itu, Komisi I tidak ingin menyalahkan siapa pun, tetapi semua pihak harus menyadari bahwa keamanan siber adalah hal yang penting.

Legislator fraksi Golkar itu menilai jika ada serangan terhadap sistem yang menyebabkan layanan terganggu, maka akan ada potensi kebocoran data. Untuk itu, dia mengaku bakal memanggil Menkominfo jika masalah tersebut belum tuntas dalam beberapa waktu ke depan.

"Intinya mau itu malafungsi, mau itu serangan, masalah utamanya ada pada ketidakcakapan cyber security kita. Jadi ini yang perlu diperbaiki," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan pemerintah masih terus memperbaiki dan mendalami permasalahan terkait gangguan pada sistem Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).sinpo

Komentar: