PILKADA SUMUT

NasDem Resmi Usung Bobby Nasution untuk Pilkada Sumut

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 24 Juni 2024 | 19:39 WIB
Ketum NasDem Surya Paloh (SinPo.id/ Istimewa)
Ketum NasDem Surya Paloh (SinPo.id/ Istimewa)

SinPo.id - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan partainya memutuskan mendukung Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju menjadi bakal calon gubernur (cagub) dalam Pilkada Sumatra Utara (Sumut) 2024.

"Ada kan, Bobby kan," kata Surya Paloh di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 24 Juni 2024.

Namun, Surya Paloh menyatakan NasDem belum menentukan untuk menyodorkan nama calon wakil gubernur yang akan mendampingi Bobby. Dia mempersilakan kepada menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu untuk menentukan sosok wakilnya.

"Pokoknya cari siapa yang paling baik, jalan saja kan," ucapnya.

Surya Paloh mengatakan dukungan NasDem diberikan dengan mempertimbangkan dua faktor. Antara kain, faktor kapabilitas atau kemampuan serta faktor elektabilitas atau tingkat keterpilihan.

Dia mengatakan NasDem tidak akan selalu berpatokan untuk mengusung kadernya sendiri dalam Pilkada. Dia memastikan NasDem bakal mencari sosok terbaik meski bukan dari NasDem, termasuk di Pilkada Jakarta.

"Di sana ada dua hal yang selalu jadi referensi bagi NasDem untuk menempatkan pilihan akhirnya, definitif-nya, satu faktor elektabilitas, kedua ya kapabilitas," ujarnya.

Bobby telah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar yang secara resmi menyerahkan surat dukungan untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Sumut 2024. Di saat yang bersamaan, Partai Golkar pun menyodorkan satu nama, yakni Sekar Tandjung untuk menjadi wakil dari Bobby.

Selain Golkar, Bobby pun telah mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), serta partainya sendiri, yakni Partai Gerindra.sinpo

Komentar: