IBADAH HAJI 2024

Ribuan Jemaah Haji Meninggal Akibat Cuaca Panas Arab Saudi

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 23 Juni 2024 | 20:36 WIB
Cuaca panas di Arab Saudi (SinPo.id/ Gettyimages)
Cuaca panas di Arab Saudi (SinPo.id/ Gettyimages)

SinPo.id - Sekitar 1.081 jemaah dari 10 negara berbeda dilaporkan meninggal dunia dalam cuaca panas, saat menjalankan ibadah haji. Pasalnya, suhu di Arab Saudi mencapai 51,8 derajat Celcius (125 derajat Fahrenheit).

"Lebih dari 1.000 orang tewas dalam teriknya cuaca Arab Saudi tahun ini selama ibadah haji tahunan," tulis laporan dari pihak berwenang Arab Saudi, dilansir dari Fox News, Minggi 23 Juni 2024.

Meski demikian, Menteri Kesehatan Saudi Fahad al-Jallayel, melaporkan musim haji tahun ini bebas dari wabah atau ancaman kesehatan lainnya. Namun cuaca panas telah menyebabkan banyak jemaah sakit.

“Musim haji bebas dari wabah atau ancaman terhadap kesehatan masyarakat, meskipun jumlah jemaahnya besar dan tantangan yang ditimbulkan oleh suhu tinggi,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Kesehatan Saudi juga mengeluarkan peringatan agar para jemaah menghindari paparan panas dan tetap minum air putih agar kondisi tubuh tetap terjaga.

Diketahui, pihak berwenang Saudi mengatakan, sekitar 1,83 juta jemaah telah mengambil bagian dalam ibadah haji tahun ini, dan dari jumlah itu, sebanyak 1,6 juta jemaah datang dari luar negeri. sinpo

Komentar: