POTENSI IKAN LOKAL

DPR: Sosialisasi Produk Ikan Asli Indonesia Harus Dimasifkan

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 23 Juni 2024 | 16:14 WIB
Ilustrasi ikan lele (SinPo.id/ Agromedia)
Ilustrasi ikan lele (SinPo.id/ Agromedia)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini, menilai sosialisasi mengenai potensi ikan asli produk Indonesia, perlu dilakukan secara masif oleh seluruh kalangan, untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

"Sosialisasi harus lebih masif lagi. Karena sebenarnya Indonesia punya potensi ikannya lebih beragam," kata Anggia, dalam keterangan persnya, dikutip Minggu 23 Juni 2024.

"Kalau bicara tentang nutrisinya juga banyak tidak kalah juga. Tapi kadang kan kita silau dengan produk-produk luar, padahal produk Indonesia luar biasa," lanjutnya.

Terlebih, ikan lokal yang dimiliki Indonesia juga banyak yang tinggi akan nutrisi protein dan gizi serta memiliki citra rasa yang enak, dan tak kalah dengan produk impor.

"Kita ngomong lele aja itu sudah nutrisinya lengkap, lengkap selengkap-lengkapnya. Tetapi kan kadang orang ada underestimate terhadap lele," ungkapnya.

Di samping itu, perlu juga ada ada inovasi untuk hasil perikanan Indonesia yang dijual di pasaran. Seperti misalnya dijual dalam bentuk fillet, agar produk ikan lokal dapat naik kelas. 

"Kenapa? karena fillet kan. Kadang kita misalnya ngomongin tentang patin, patin orang banyak ngomongin makan ikan dori, padahal itu patin fillet di Tulungagung dapil saya banyak banget itu ikan patin. Tapi kalau udah ngomong dori itu sudah kayaknya dari luar negeri," tuturnya.

Oleh karena itu, perlu ada edukasi dan promosi dari semua pihak akan potensi yang dimiliki oleh ikan lokal kita sendiri. Meskipun dari Kementerian Perikanan dan Kelautan juga telah memiliki program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). sinpo

Komentar: