Puluhan Warga Gaza Tewas Akibat Serangan Israel di Dua Lokasi Padat Penduduk

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 23 Juni 2024 | 08:17 WIB
Warga Gaza yang berjalan di atas bangunan yang runtuh di al-Shati. (SinPo.id/AFP)
Warga Gaza yang berjalan di atas bangunan yang runtuh di al-Shati. (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Direktur kantor media pemerintah, Ismail Al-Thawabta, melaporkan puluhan warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel di dua lokasi padat penduduk di Kota Gaza.

Serangan itu menghantam lingkungan al-Shati, yang dikenal sebagai kamp Pantai, dan distrik al-Tuffah, yang keduanya dilanda ledakan besar, dan menewaskan 38 orang. Namun sebagian masih terkubur di bawah reruntuhan.

Militer Israel mengatakan pasukannya melanjutkan operasi yang ditargetkan secara tepat dan berdasarkan intelijen di Rafah, untuk menargetkan para pejuang Palestina dan membongkar infrastruktur militer Hamas.

"Kami telah menyerang lokasi infrastruktur militer Hamas," kata pasukan Israel dalam sebuah pernyataan. Dilansir dari The Guardian, Minggu 23 Juni 2024.

Namun Hamas tidak menanggapi klaim tersebut dan mengatakan bahwa serangan tersebut hanya menargetkan penduduk sipil, bukan infrastruktur militer. Hamas bahkan bersumpah akan membalas semuanya.

"Penjajah akan membayar harga atas pelanggaran mereka terhadap rakyat kami," kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

Dari rekaman yang beredar, terlihat puluhan warga bergegas mencari korban di antara reruntuhan rumah-rumah yang hancur. Terlihat juga puing-puing serta debu memenuhi jalan di kamp pengungsi al-Shati.

Diketahui, serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 37.400 orang, 101 di antaranya tewas dalam 24 jam terakhir. Tak hanya itu, hampir seluruh penduduk Gaza juga kehilangan tempat tinggal.sinpo

Komentar: