SERVER PDN DOWN

Server Pusat Data Nasional Down, Menko Polhukam: Masih Didalami

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 22 Juni 2024 | 10:50 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (SinPo.id/ Setpres)
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan, saat ini pemerintah tengah melakukan pemulihan secara bertahap terhadap server Pusat Data Nasional (PDN) yang sempat mengalami gangguan atau down.

"Itu memang sangat teknis. masih terus diperbaiki dan didalami," kata Hadi di Jakarta Selatan, Sabtu, 22 Juni 2024.

Menurut Hadi, kemungkinan permasalahan teknis lah yang menyebabkan terjadinya gangguan pada pusat data nasional tersebut.

"Biasa kan, kalau peralatan-peralatan mesti ada kelemahannya yang perlu kita antisipasi," ungkap Hadi.

Lebih lanjut, Mantan Panglima TNI itu berharap, permasalahan serupa tidak terjadi di kemudian hari. Pemerintah, harus sudah bisa mengantisipasi hal tersebut.

"Mudah-mudahan tidak terjadi lagi, dan ini perlu back up kan sebetulnya, ya. Itu mungkinkah back up-nya juga, juga jadi permasalahan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, gangguan sistem pada PDN Kemenkominfo berdampak terhadap layanan keimigrasian di seluruh Indonesia pada Kamis, 20 Juni 2024.

Akibatnya, antrean pemeriksaan imigrasi di sejumlah bandara mengular dan dikeluhkan oleh warganet di media sosial X.

Sistem PDN tidak hanya digunakan oleh Ditjen Imigrasi, tetapi juga digunakan banyak kementerian/lembaga lainnya.

Merujuk pada sistem resmi Kemenkominfo, PDN menjadi fasilitas untuk sistem elektronik dan komponen lain guna menyimpan, menempatkan, mengolah, dan memulihkan data.

PDN juga pernah menjadi sorotan ketika terjadi kasus dugaan kebocoran 34 juta data paspor Indonesia yang diperjualbelikan di situs online pada 2023.sinpo

Komentar: