CAPAIAN POLRI

Habiburokhman: Bravo Polri, Semangat Jalankan Tugas Pengabdian

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 21 Juni 2024 | 22:13 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman angkat topi dengan perolehan citra positif Polri yang naik dalam survei Litbang Kompas teranyar. Capaian itu dinilai hasil kerja keras Korps Bhayangkara di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kami acungi jempol Pak Listyo Sigit dan institusi Polri. Kekompakan dan kerja keras jelas terlihat dari level terbawah hingga level pimpinan," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024.

Waketum Gerindra ini menilai survei itu sekaligus membantah anggapan kinerja penegakan hukum Polri buruk. Polri justru banyak membongkar kasus besar.

"Hasil survei ini membantah tudingan bahwa kinerja penegakan hukum buruk, hanya karena ada satu atau beberapa kasus seperti kasus Vina Cirebon," ujar Habiburokhman.

Dia mencatat sepanjang tahun 2023, Polri mengusut hampir 40 ribu kasus kejahatan dengan sukses. Di antaranya banyak kasus-kasus rumit mulai dari kasus mutilasi, kasus kasus perdagangan orang sampai tipikor.

"Bravo Polri, semangat terus dalam menjalankan tugas pengabdian," kata dia.

Sebelumnya, Litbang Kompas merilis survei terkait citra lembaga negara. Hasil survei menunjukkan citra lembaga TNI dan Polri berada di urutan teratas.

Survei itu dilakukan pada 27 Mei-2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Tingkat kepercayaan metode tersebut 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,83 persen.

Citra baik TNI berada di angka 89,8 persen atau naik jika dibandingkan survei serupa pada Desember 2023. Citra baik Polri juga meningkat ke angka 73,1 persen atau meningkat jika dibandingkan survei serupa pada Desember 2023.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI