PENGAWAS PEMILU

Herwyn Minta Basis Data Rekam Jejak Pengawas Pemilu Terstruktur

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 21 Juni 2024 | 18:29 WIB
Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda (SinPo.id/ Humas Bawaslu)
Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda (SinPo.id/ Humas Bawaslu)

SinPo.id - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Herwyn JH Malonda berharap jajarannya yang sedang menyusun data rekam jejak pengawas pemilu untuk evaluasi kinerja, agar menggunakan basis data tersebut dengan terstruktur dan teroganisir. 

Menurut Herwyn, basis data ini sebagai potret pengawasan pemilu sekaligus pertanggungjawaban kelembagaan, kinerja, dan upaya melakukan pembinaan.

"Saat ini Bawaslu sedang menyusun sistem berbasis input data kinerja yang menyajikan data-data seluruh jajaran aparatur pengawas pemilu, baik ketua dan anggota maupun pejabat struktural dan fungsional hingga pengawas ad hoc. Data ini digunakan untuk evaluasi kinerja atas kegiatan (kerja) yang telah dilaksanakan," kata Herwyn dalam keterangannya, Jumat, 21 Juni 2024.

Untuk itu, kata dia, yang perlu dipersiapkan ialah data yang lengkap dan valid. Sehingga data profiling ini dapat dijadikan pengambilan kebijakan bagi pimpinan dalam melakukan evaluasi.

"Data-data yang saat ini diinput nantinya secara terintegrasi akan diolah menjadi basis data untuk pengambilan kebijakan selanjutnya,” ungkap dia. 

Lebih lanjut, dia mengatakan, jika data yang diinput sudah lengkap, data tersebut akan digunakan sebagai bahan untuk menyusun Key Performance Indicator (KPI) untuk menentukan visi misi Bawaslu di masa depan. Melalui data tersebut kata Herwyn, bisa mengetahui hal yang perlu diperbaiki kedepannya.

“Dengan melihat data rekam jejak pengawas pemilu yang dengan sendirinya menjadi bahan evaluasi kinerja akan dipetakan kondisi objektif kerja-kerja pengawasan pemilu yang nantinya menjadi salah satu pertimbangan evaluatif dalam menyusun rencana strategis (renstra),” tandasnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI