PEMBANGUNAN IKN

Percepat Pembangunan Infrastruktur, BMKG Modifikasi Cuaca di IKN

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 21 Juni 2024 | 17:28 WIB
Ilustrasi desain kantor presiden di IKN (SinPo.id/ Dok. Kemenparekraf)
Ilustrasi desain kantor presiden di IKN (SinPo.id/ Dok. Kemenparekraf)

SinPo.id - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya melakukan operasi modifikasi cuaca (OMC) di wilayah Ibukota Negara Nusantara (IKN). Tujuannya untuk mengurangi intensitas hujan, serta membantu mempercepat pembangunan infrastruktur penunjang IKN. 

"OMC untuk menunjang percepatan pembangunan infrastuktur seperti pembangunan Bandar Udara VVIP IKN dan jalan tol," kata Dwikorita dalam keterangannya, Jumat, 21 Juni 2024.

Dwikorita menerangkan, dari hasil analisis prediksi bulan ini, curah hujan berkategori menengah akan terjadi di Penajam Paser Utara, lokasi pusat pembangunan IKN.

"Dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur, OMC bertujuan untuk memecah awan supaya meminimalisir terjadinya hujan yang dimaksimalkan antara 13-23 Juni 2024," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Deputi Bidang Modifikasi Cuaca BMKG Tri Handoko Seto menyampaikan, selama enam hari, hingga Rabu, 19 Juni kemarin, BMKG telah menggelar kegiatan OMC dengan sepuluh sorti penerbangan penyemaian awan, total 21 jam 25 menit penerbangan.

"Total bahan semai yang telah digunakan untuk OMC adalah 8 ton NaCI powder dari total yang telah disiapkan sebanyak 16 ton," kata Tri Handoko.

Selama kegiatan OMC berlangsung, penyemaian awan dilakukan pada daerah yang berpotensi menyebabkan hujan di area pembangunan infrastruktur penunjang IKN yakni di Bandara VVIP IKN dan jalan tol. Pelaksanaan OMC didukung oleh armada pesawat Casa 212-400 dengan registrasi A-2114 milik Skadron 4 TNI Angkatan Udara (AU).

BERITALAINNYA
BERITATERKINI