IDULADHA 2024

AHY Maknai Iduladha Sebagai Semangat Berbagi ke Sesama

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 19 Juni 2024 | 16:56 WIB
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/Dok ATR/BPN)
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/Dok ATR/BPN)

SinPo.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan hewan kurban para pegawai Kementerian ATR/BPN kepada Dewan Kemakmuran Masjid Nuurur Rahman. 

Adapun hotal hewan kurban yang diserahkan, yakni 61 ekor sapi dan 11 ekor. Prosesi penyerahan hewan kurban dilakukan pada hari pertama kerja pasca Hari Raya Iduladha, Rabu, 19 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Menteri AHY menyampaikan kepada jajaran untuk mengambil hikmah dari Iduladha ini. Salah satunya ialah semangat berbagai kepada sesama manusia. 

“Kesalehan secara horizontal, berbagi solidaritas ini penting. Indonesia negara yang besar, Indonesia juga masih memiliki tantangan termasuk kemiskinan, ketimpangan di tempat-tempat tertentu yang kita tahu butuh atensi dan bantuan dari kita,” tutur dia. 

Menurut dia, berkurban menjadi wujud kepedulian para pegawai di kementerian kepada sesama dengan menyisihkan sebagian hartanya agar masyarakat yang kurang mampu bisa merasakan khidmatnya  Iduladha. 

“Semoga pahala akan mengalir kepada bapak dan ibu semuanya dan keluarga kita, sehingga keimanan, ketakwaan kepada Allah SWT dan kepedulian dan solidaritas sosial yang tinggi ini menjadi kekuatan kita,” ujar AHY. 

Selain itu, AHY juga menyampaikan kepada seluruh jajarannya agar dapat meneladani kisah Nabi Ibrahim yang merupakan asal muasal pelaksanaan kurban. 

Bagaimana perlunya, kata dia, memaknai kelapangan hati Nabi Ibrahim yang rela melaksanakan perintah Allah SWT mengorbankan anak yang telah puluhan tahun dia tunggu kehadirannya.

"Inilah sebuah penggalan cerita yang luar biasa, sehingga mudah-mudahan bisa terus kita teladani kisah-kisah seperti ini,” kata AHY. 

Lebih lanjut, AHY tak lupa mendoakan jajaran Kementerian ATR/BPN yang baru usai melaksanakan ibadah haji. “Semoga saudara-saudara kita yang baru saja menunaikan ibadah haji di tanah suci menjadi haji dan hajah yang mabrur, kembali ke tanah air dengan semangat yang baru dan tentunya kita semua mendapatkan keberkahannya,” ucap dia. 

“Termasuk, saya mendoakan kepada keluarga besar Kementerian ATR/BPN yang belum bisa menunaikan ibadah haji. Semoga mendapatkan panggilan dari Allah SWT ya di tahun-tahun mendatang," tandasnya. sinpo

Komentar: