BNPT Perketat Bandara Sepinggan, Cegah Teroris ke IKN Jelang HUT RI

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 19 Juni 2024 | 08:22 WIB
BNPT melakukan asesmen objek vital di Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (SinPo.id/Dok. BNPT RI)
BNPT melakukan asesmen objek vital di Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (SinPo.id/Dok. BNPT RI)

SinPo.id - Sistem pengamanan di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur mulai diperketat jelang peringatan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) Agustus 2024 mendatang.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan sistem pengamanan diperkuat mengingat Bandara Sepinggan salah satu akses menuju IKN di Penajam Paser Utara.

"Hal ini mengingat Bandara SAMS Sepinggan menjadi salah satu akses bandara menuju Penajam Paser IKN," ucap Kasubdit Pengamanan Objek Vital dan Transportasi BNPT RI Kolonel Cpl Sigit Karyadi mengutip Antara pada Selasa, 18 Juni 2024.

Asesmen yang dilakukan di Bandara Sepinggan meliputi pengamanan perimeter luar, gedung VVIP, terminal kedatangan dan keberangkatan, hingga kargo domestik maupun internasional.

Asesmen juga dilakukan terhadap personel serta kelengkapan alat penunjang keamanan dan keselamatan. Jalur evakuasi pun turut dicek oleh BNPT.

Sigit menyampaikan bahwa asesmen objek vital dan penguatan pengamanan Bandara SAMS Sepinggan dilakukan dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang diamanatkan Sekretariat Negara RI selaku anggota tim keamanan upacara kemerdekaan RI.

Sementara itu, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Ahmad Syaugi Syahab menyatakan asesmen sangat perlu guna memitigasi kemungkinan adanya penyusup yang berencana melakukan aksi teror.

"Asesmen ini sangat perlu untuk memastikan proses upacara 17 Agustus di IKN nanti sudah aman dari teroris, minimal sudah dimitigasi sejak awal jadi bisa tahu sudut-sudut yang kira-kira akan dimasuki mereka," kata Syaugi.sinpo

Komentar: