Hasil Euro 2024: Turki Tekuk Georgia 3-1

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 19 Juni 2024 | 00:59 WIB
Pemain Turki Arda Guler mencetak gol kedua yang membawa Turki unggul 2-1 atas Georgia. (SinPo.id/UEFA)
Pemain Turki Arda Guler mencetak gol kedua yang membawa Turki unggul 2-1 atas Georgia. (SinPo.id/UEFA)

SinPo.id - Turki menekuk Georgia dengan skor 3-1 di laga pembuka Grup F Euro 2024 di Signal Iduna Park pada Selasa, 18 Juni 2024 malam.

Laga Turki vs Georgia langsung berjalan dalam tempo tinggi sejak menit pertama dimulai. Kedua tim sama-sama berusaha tampil agresif dan mencari celah di pertahanan lawan.

Turki menghentak dan sukses mencetak gol lebih dulu. Gol pertama Turki dicetak oleh Mert Muldur di menit ke-25.

Muldur mencetak gol indah lewat tembakan voli memanfaatkan bola liar hasil sundulan Lasha Dvali yang mencoba membuang bola keluar kotak penalti. Bola tendangan Muldur meluncur ke pojok kiri gawang Georgia.

Dua menit kemudian, Baris Yilmaz berhasil menggandakan keunggulan gawang Georgia. Pergerakan Arda Guler di sisi kiri pertahanan Georgia diakhiri dengan umpan mendatar ke muka gawang.

Orkun Kokcu gagal menendang bola dengan baik namun bola liar ada di hadapan Yilmaz yang langsung melepaskan tendangan ke gawang. Namun setelah pemantauan VAR, gol tersebut dianulir karena Yilmaz berada dalam posisi offside.

Georgia seperti mendapat angin usai momen tersebut. Mereka berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-32 lewat Georges Mikautadze.

Mikautadze mencetak gol lewat tembakan mendatar ke arah tiang dekat setelah memaksimalkan umpan matang Giorgi Kochorashvili. Mert Gunok tak bisa menangkap bola dengan baik sehingga gol tercipta. Skor sama kuat 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, jual beli serangan dari kedua kesebelasan terjadi kembali.

Turki kembali unggul 2-1 pada menit ke-65 lewat gol sensasional Arda Guler. Kaan Ahyan mampu merebut bola dari kawalan pemain Georgia dan langsung memberikan kepada Guler.

Guler dari luar kotak penalti melepaskan tembakan kaki kiri yang melesakkan bola ke pojok kanan atas.

Georgia hampir menyamakan skor lagi pada menit ke-70 saat Kochorashvili mendapat umpan lambung di kotak penalti Turki. Dia melewati satu pemain sebelum menyepak dari jarak dekat, bola membentur mistar.

Georgia terus menggempur pertahanan Turki di 10 menit akhir laga untuk menyamakan skor. Ada dua peluang emas di pengujung injury time, salah satunya membentur tiang gawang dan satunya dihalau pemain Turki di garis gawang.

Karem Artekoglu memastikan kemenangan 3-1 Turki lewat serangan balik cepat. Dia dengan mudah menggulirkan bola ke gawang Georgia yang kosong ditinggalkan Mamardashvili yang sebelumnya maju saat Georgia mendapatkan sepak pojok.

Susunan Pemain

Turki (4-2-3-1): Mert Gunok; Mert Muldur, Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Kaan Ayhan, Hakan Calhanoglu; Arda Guler, Orkun Kokcu, Kenan Yildiz; Baris Yilmaz

Georgia (3-5-2): Giorgi Mamardashvili; Saba Kverkvelia, Guram Kashia, Lasha Dvali; Otar Kakabadze, Giorgi Kochorashvili, Anzor Mekvabishvili, Giorgi Chakvetadze, Georgiy Tsitaishvili; Georges Mikautadze, Khvicha Kvaratskheliasinpo

Komentar: