Tradisi Bersih Telaga Kalen Lestarikan Warisan Budaya di Blekonang Tepus

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 18 Juni 2024 | 06:02 WIB
Tradisi Bersih Telaga
Tradisi Bersih Telaga

SinPo.id -  Tiga padukuhan di Kalurahan Tepus (Blekonang I, Blekonang II, Blekonang III), Gunung Kidul menjaga tradisi Bersih Telaga sebagai upaya pelestarian warisan budaya mereka.

Telaga Kalen, yang dahulu terkenal sebagai sumber air yang tidak pernah kering meskipun dalam kemarau panjang, kini telah kehilangan airnya.

Tradisi Bersih Telaga diadakan sebagai penghormatan terhadap telaga yang telah memberi manfaat bagi banyak penduduk dan tetangga padukuhan di wilayah tersebut.

Bersih Telaga diperingati pada hari Senin Kliwon, 17 Juni 2024.

Juru kunci telaga mengungkapkan bahwa adanya kesenian Ogleng merupakan wujud kesenangan makhluk yang tinggal di sekitar telaga dan turut berperan dalam menjaga kelestarian airnya.

Meskipun telaga telah kering, tradisi ini tetap dilestarikan tiap tahun hingga saat ini untuk menjaga ketentraman bagi penduduk di Blekonang.

Upacara Bersih Telaga kali ini ditandai dengan penampilan Kesenian Ogleng, diikuti dengan tradisi genduri yang dihadiri oleh Panewu Tepus, Lurah dan pamong, pelestari budaya, lembaga, masyarakat, dan juga pengamanan dari Polsek Tepus.

Malam harinya, pagelaran wayang kulit di lapangan Ngeplang (Padukuhan Blekonang I) memperkaya acara tradisional tersebut. sinpo

Komentar: