DPR Temukan Banyak Tenda Jamaah Haji yang Tak Sesuai Maktab

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 17 Juni 2024 | 22:45 WIB
Haji (pixabay)
Haji (pixabay)

SinPo.id -  Anggota Timwas Haji (Timwas) DPR RI, Ina Ammania, mengatakan pihaknya menemukan banyak tenda jamaah haji yang tidak sesuai dengan maktab yang tercantum dalam surat penempatan.

"Banyak ditemukan ketika kami pengawasan di Mina, tenda-tenda itu tidak sesuai dengan maktab yang disuratkan," kata Ina, dalam keterangan persnya, dikutip Senin 17 Juni 2024.

Ia meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi kekacauan. Karena akibat dari penempatan yang tidak sesuai, banyak jamaah yang terusir dari tenda.

"Contohnya, ketika maktab untuk daerah Trenggalek atau Cirebon tiba-tiba haknya yang Cirebon atau Trenggalek itu hari kedua harus diusir karena katanya ini milik orang lain," paparnya.

Oleh karena itu, ia berharap kejadian semacam itu harus dapat diantisipasi dan dijaga. Sehingga prioritas penempatan dapat diberikan kepada jamaah yang berhak dan tidak ada lagi jamaah yang terusir dari tenda.

Temuan tersebut juga menambah daftar evaluasi bagi penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, dengan harapan dapat memperbaiki dan meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji Indonesia di tahun-tahun mendatang.sinpo

Komentar: