117 Petugas Periksa Pemotongan Hewan Kurban di Jakbar

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 17 Juni 2024 | 17:13 WIB
Pengecekan terhadap hewan kurban (SinPo.id/Beritajakarta)
Pengecekan terhadap hewan kurban (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id - Sebanyak 117 petugas gabungan dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan postmortem di lokasi pemotongan hewan kurban yang tersebar di delapan kecamatan di Jakarta Barat.

Ratusan petugas gabungan tersebut berasal dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat, Dinas KPKP DKI Jakarta, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), dan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Kami menerjunkan 117 petugas untuk melakukan pemeriksaan postmortem di lokasi pemotongan hewan kurban," ujar Novy C Palit, Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat, Senin, 17 Juni 2024.

Novy mengungkapkan, petugas di antaranya melakukan pengecekan terhadap hewan kurban mulai dari organ tubuh seperti jantung, paru, hati dan limpa. Petugas juga memastikan agar pemotongan hewan kurban berlangsung higienis dan memastikan layak dikonsumsi masyarakat.

Novy menambahkan, hingga tanggal 16 Juni 2024, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak 11.035 hewan kurban dari 198 tempat penampungan.

"Dari hasil pengecekan hewan kurban, semua dalam kondisi sehat dan layan kurban, sehingga aman dikonsumsi masyarakat," tandasnya.sinpo

Komentar: