Timwas DPR Terima Laporan Masalah AC hingga Kapasitas Tenda Jemaah Haji

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 17 Juni 2024 | 16:13 WIB
Jamaah haji Indonesia (SinPo.id/Kemenag)
Jamaah haji Indonesia (SinPo.id/Kemenag)

SinPo.id - Ketua Tim Pengawas (Timwas) DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengaku mendapat sejumlah laporan dari jemaah terkait penyelenggaraan haji. Salah satunya, air conditioner (AC) yang tidak berfungsi.

"Ada banyak laporan yang masuk, yang pertama matinya AC di mana-mana," kata Cak Imin kepada wartawan yang disiarkan melalui keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 27 Juni 2024.

Masalah lainnya ialah terkait tenda jemaah RI. Menurut laporan yang diterima Cak Imin, tenda jemaah haji RI itu melebihi kapasitas.

"Kemudian over capacity tendanya, tidak ada kasur. Ini semua harus dikalkulasikan," ucap dia.

Timwas Haji DPR saat ini masih terus melakukan pemantauan pelaksanaan haji 2024 yang sudah pada tahap melempar jumrah aqobah di Mina. Sejauh ini, tidak ada laporan mengenai jemaah yang meninggal dunia dalam rangkaian puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Belum. Ada yang meninggal dunia itu petugasnya," kata Cak Imin.

Sebelumnya, Cak Imin mengungkap adanya keterlambatan transportasi bus yang membawa jemaah haji dari pemondokan ke Arafah. Pengantaran jemaah yang dijadwalkan pagi hari molor hingga siang dan sore hari.

Beberapa temuan diperoleh Timwas akan dievaluasi. Timwas DPR sendiri akan membentuk pantia khusus (Pansus) untuk mengevaluasi temuan-temuan tersebut.sinpo

Komentar: