Masjid Sunda Kelapa Bakal Salurkan Ribuan Kantong Daging Kurban ke Warga

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 17 Juni 2024 | 14:11 WIB
Hewan kurban di Masjid Agung Sunda Kelapa. (SinPo.id/X)
Hewan kurban di Masjid Agung Sunda Kelapa. (SinPo.id/X)

SinPo.id - Masjid Sunda Kelapa akan menyalurkan 4.000 kantong daging kurban kepada warga yang membutuhkan. Daging-daging tersebut berasal dari 31 ekor kambing dan 13 sapi yang disembelih. 

"Dengan 31 ekor kambing dan 13 sapi yang disembelih, ya kira-kira bisa menjadi empat ribuan kantong, tetapi kita tidak bagi kupon ya" kata Ketua Panitia Iduladha 1445 H, Pudji Astuti di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 17 Juni 2024. 

Pudji Astuti menyampaikan, penyaluran daging kurban, diprioritaskan kepada beberapa pihak, yaitu internal masjid, warga sekitar masjid, serta kaum dhuafa. 

Selain itu, beberapa yayasan yang sudah mengirimkan proposal dan dinyatakan layak menerima daging kurban. 

"Proposal itu juga sudah disurvei mana yang layak untuk mendapatkan daging kurban sehingga tidak asal, artinya yang menerima itu benar-benar orang yang berhak," kata Tuti. 

Adapun pembagian daging kurban di Masjid Sunda Kelapa dijadwalkan mulai pukul 14.00 WIB, dilakukan oleh perwakilan pihak yang sudah mendapatkan konfirmasi dari pengurus masjid setelah pemotongan hewan kurban selesai.

Untuk hewan kurbannya sendiri, lanjut Tuti, bukan hanya dari warga Menteng saja, melainkan juga dari masyarakat luar yang sering beribadah di Masjid Sunda Kalapa.

Selain itu, beberapa tokoh juga yang menitipkan hewan kurban untuk dipotong di Masjid Sunda Kelapa. Seperti Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wali Kota Jakarta Pusat, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, dan pengusaha Chairul Tanjung. 

"Kami juga menerima titipan hewan kurban. Misalnya, dari Pak Wapres kirim ke sini berupa hewan. Nanti kami yang sembelih dengan ada biaya sendiri," ujar Tuti. sinpo

Komentar: