Masjid Istiqlal Tak Bagikan Daging Kurban Secara Langsung di Lokasi

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 16 Juni 2024 | 20:42 WIB
Masjid Istiqlal (SinPo.id/Beritajakarta)
Masjid Istiqlal (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyebut tidak ada pembagian daging kurban langsung ke warga di area Masjid Istiqlal. Dia mengatakan, daging hasil kurban akan disebar ke sejumlah titik.

Adapun Masjid Istiqlal akan melakukan pemotongan hewan kurban pada Selasa, 18 Juni 2024. Nasruddin menuturkan, alasan tak ada pembagian di sekitar area Masjid Istiqlal lantaran untuk menghindari antrean warga.

"Tidak lagi seperti dulu ngantre di sini, kita potong sebagian kita juga kadang-kadang mengirimkan ke mereka misalnya asrama penghafal Al-Quran yang merupakan binaan Istiqlal. Mereka juga ingin menyaksikan pemotongannya di tempatnya sendiri supaya lebih syiarnya," kata Nasruddin kepada wartawan, Minggu, 16 Juni 2024.

Menurut dia, ada sekitar 30 ribu titik yang akan mendapat jatah daging kurban dari Masjid Istiqlal. Daftar itu masih bisa bertambah lantaran pemotongan masih dilakukan lusa.

"Kita ada daftarnya, pendaftaran kemarin itu ada sekitar hampir 30 ribu titik jemaah orang dan ada institusi ada orang perorangan misal yatim piatu banyak," tutur dia. 

Kendati demikian, Nasruddin berujar, pihaknya terbuka jika ada penambahan hewan kurban dan akan didistribusikan kepada yang membutuhkan. 

"(Untuk penambahan) silakan saja kalau misal ada tambahan kurban itu dapat kalau tidak ada ya kita berdasarkan skala yang telah diatur oleh panitianya," tandasnya. sinpo

Komentar: