Mendag Imbau Masyarakat Sembelih Hewan Kurban di Rumah Potong Hewan

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 16 Juni 2024 | 15:39 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (SinPo.id/dok. Kemendag)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (SinPo.id/dok. Kemendag)

SinPo.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas mengimbau masyarakat yang hendak melakukan penyemlebihan hewan kurban Iduladha 2024, agar menitipkan di Rumah Potong Hewan (RPH).

"Kami mengimbau masyarakat yang ingin berkurban, silakan dibawa ke RPH," kata Zulhas saat mengunjungi RPH Ciroyom, Kota Bandung, Jawa Barat, ditulis Minggu, 16 Juni 2024. 

Zulhas menyampaikan, selama ini masyarakat kerap menyembelih hewan kurban seperti di masjid atau tempat lain yang terbuka saat Iduladha. Hal itu sering mendapat keluhan dari masyarakat, karena mengeluarkan bau tak sedap.

"Kalau dulu kan di masjid, di rumah, nah ini nggak boleh lagi sekarang. Supaya bersih, higienis, tidak mengganggu yang lain baunya," ucapnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu melanjutkan, jika hewan kurban dibawa ke RPH, dipastikan melaui proses yang sudah terjamin kesehatan dan higienitasnya.

"Pemotongan di RPH sangat profesional melalui proses ante mortem dan post mortem," tukasnya. 

RPH Ciroyom merupakan rumah potong hewan yang berada di bawah koordinasi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung dengan kapasitas pemotongan sekitar 30-40 ekor sapi per hari.

Kapasitas itu diperkirakan akan meningkat menjadi hingga 100 ekor per hari saat Iduladha. Menjelang Iduladha, stok sapi di RPH Ciroyom tercatat sekitar 400 ekor. Jumlah ini terdiri dari 300 ekor sapi lokal yang dipersiapkan untuk kurban dan 100 ekor impor bakalan yang diperuntukkan pasokan.

Jenis sapi lokal tersebut terdiri dari sapi limosin, madura, dan Friesien Holstein (FH), sedangkan untuk bakalan merupakan sapi yang berasal dari Australia.sinpo

Komentar: