Pengamat Hubungan Internasional Sebut Prabowo Buat RI jadi Negara Paling Konkret Bantu Gaza

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 15 Juni 2024 | 19:32 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/Media Gerindra)
Prabowo Subianto (SinPo.id/Media Gerindra)

SinPo.id - Pengamat Hubungan Internasional (HI) Profesor Hikmahanto Juwana mengapresiasi tindakan nyata pemerintah Indonesia melalui Menteri Pertahanan  Prabowo Subianto untuk membantu mengatasi keadaan darurat di Gaza, Palestina, yang menurutnya membuat Indonesia menjadi negara yang paling konkret membatu Gaza.

Hal ini tercermin dari pidato tegas Prabowo Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tanggap darurat untuk Gaza beberapa waktu lalu di Amman, Yordania. Berbanding terbalik dengan negara lain yang mengikuti KTT ini, menurutnya sikap Indonesia paling nyata dan berani dari yang lainnya.

Hikmahanto mengatakan, Indonesia tidak sekadar bicara tetapi turut memberikan aksi nyata, yakni siap dengan rencana menampung 1.000 pasien dan 1.000 siswa untuk dirawat dan bersekolah di Indonesia. Hal ini menurutnya bisa membuat khawatir AS dan Israel.

"Jadi saya melihat bahwa keberanian Indonesia ini akan dilihat oleh negara-negara lain, dan tidak cuman sekedar bicara dan level omon-omon katanya ya, tetapi sudah aksi konkret. Nah, inilah yang akan membuat Amerika Serikat Israel juga akan khawatir," kata Hikmahanto kepada wartawan di Jakarta, dikutip Sabtu, 15 Juni 2024.

Ia melanjutkan, rencana aksi tersebut diyakini dapat menekan Israel maupun sekutunya Amerika Serikat untuk menghentikan aksi genosida.

"Kita berharap kekhawatiran itu akan bisa menghentikan apa yang dilakukan oleh Israel di wilayah Gaza. Ini karena Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mulai dari majelis umum dewan keamanan PBB semua seolah-olah tidak berkutik atas kebiadaban Israel," sebutnya.

Untuk itu, Hikmahanto berharap langkah konkret pemerintah Indonesia lewat Prabowo di forum KTT Yordania ini bisa diikuti oleh negara-negara lain.

"Saya berharap apa yang dilakukan oleh Pak Prabowo akan membentuk yang kita sebut sebagai koalisi kemanusiaan. Yang dibutuhkan oleh dunia ini untuk menghentikan Israel adalah kemanusiaan. Saya yakin, kalau kita bicara kemanusiaan akan didukung oleh banyak pihak," harapnya.sinpo

Komentar: