IBADAH HAJI 2024

Ketua Timwas DPR Minta Pemerintah Benahi Transportasi Haji

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 15 Juni 2024 | 15:37 WIB
Masjidil Haram (SinPo.id/Kemenag)
Masjidil Haram (SinPo.id/Kemenag)

SinPo.id - Ketua Tim Pengawas Haji (Timwas) DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) segera melakukan pembenahan terhadap masalah transportasi haji. Khususnya, bagi jemaah haji yang akan berangkat melaksanakan wukuf ke Arafah.

Cak Imin mengecek langsung kesiapan pemberangkatan jemaah haji ke Arafah pada Jumat pagi waktu setempat. Dia pun mendapati bahwa bus yang akan menjemput jemaah tersebut datang terlambat ke lokasi penjemputan.

"Janji ini mobil jam 07.00 (datang), ada yang jam 06.00. Tetapi sampai pagi hingga pukul 08.12 (waktu Arab Saudi), saya berada dilokasi, belum datang juga," kata Cak Imin dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Jumat malam, 14 Juni 2024.

Menurutnya, penanganan transportasi harus ditingkatkan dan diperkuat karena ketepatan waktu penjemputan bus sangat penting demi memastikan jemaah tidak terlantar dan dapat melaksanakan wukuf di Arafah, yang merupakan puncak ibadah haji.

"Hari ini adalah hari paling penting bagi jemaah haji Indonesia, karena jemaah mulai berangkat ke Arafah mulai pagi ini sampai nanti malam terus bergulir," kata Cak Imin.

Selain memastikan angkutan transportasi, Wakil Ketua DPR RI ini juga sempat melakukan pengecekan kondisi jemaah haji guna memastikan mereka dalam kondisi sehat. Menurutnya, tidak ada permasalahan berarti yang dialami oleh jemaah haji selain permasalahan transportasi tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, dia didampingi bersama istrinya dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Marwan Dasopang. Rombongan tersebut mengecek ke tiga lokasi pemondokan di Misfalah, Arab Saudi, untuk memastikan kesiapan jemaah.

"Ini harus jadi perhatian kita semua. Oleh karena itu, kita harus siaga, waspada," kata dia.sinpo

Komentar: