GENOSIDA ISRAEL

Warga Desak Israel Dicoret dari Olimpiade Paris 2024

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 14 Juni 2024 | 22:47 WIB
Warga Swiss desak atlet Israel dicoret dari Olimpiade Paris (SinPo.id/ Anadolu)
Warga Swiss desak atlet Israel dicoret dari Olimpiade Paris (SinPo.id/ Anadolu)

SinPo.id - Ratusan pengunjuk rasa di Swiss menuntut agar Israel dilarang berkompetisi di Olimpiade 2024 di Paris di tengah genosida yang sedang berlangsung di Gaza. Mereka berkumpul di depan Komite Olimpiade Internasional di Lausanne dengan tangan dicat merah untuk menarik perhatian terhadap korban sipil di wilayah Palestina.

Dikutip dari laman Anadolu, para pengunjuk rasa meninggalkan bekas tangan merah di pintu masuk gedung sebagai upaya meyakinkan komite untuk mengambil tindakan terhadap Israel.

Para pengunjuk rasa mengungkapkan bahwa panitia hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengecualikan Rusia dan Belarus dari Olimpiade 2022 karena perang di Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari 2022.

Atlet dari Rusia dan Belarusia akan diizinkan berkompetisi di Olimpiade tahun ini sebagai atlet netral.

Mereka tidak akan diizinkan untuk mengambil bagian dalam upacara pembukaan dan tidak akan menggunakan bendera, lambang, atau lagu kebangsaan, dan tidak ada pejabat dari pemerintah kedua negara yang diundang ke pertandingan yang berlangsung pada 26 Juli -11 Agustus.

Demonstran menyebut Israel sebagai negara kriminal, dengan dua pejabat tingkat tinggi yang dimasukkan dalam surat perintah penangkapan oleh jaksa Pengadilan Kriminal Internasional.

Israel juga mengolok-olok keputusan pengadilan Pengadilan Kriminal Internasional serta Mahkamah Internasional.

Mereka juga meminta Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, khususnya hubungan perdagangan senjata, memberlakukan boikot budaya dan akademis terhadap negara tersebut, dan mengakhiri perjanjian yang mengizinkan warga negara Prancis untuk bertugas di tentara Israel.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang genosida Israel, serta mengibarkan bendera dan spanduk Palestina yang bertuliskan “Boikot Israel, boikot genosida”, “Kemanusiaan telah gagal”, dan “Bebaskan Palestina”.

Israel telah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 meski ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Otoritas kesehatan Palestina mencatat, lebih dari 37.200 warga Palestina telah terbunuh di Gaza, sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak, dan lebih dari 84.900 lainnya terluka.sinpo

Komentar: