BAWASLU EVALUASI KPI

Bawaslu Ingatkan Pentingnya Evaluasi Kinerja dalam Susun KPI 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 14 Juni 2024 | 17:26 WIB
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (SinPo.id/ Tri Sigit Nuryadin)
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (SinPo.id/ Tri Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengingatkan pentingnya evaluasi kinerja dalam menyusun Key Performance Indicator (KPI) untuk visi misi di masa depan. 

Menurut dia, melalui evaluasi tersebut bisa mengetahui hal yang perlu diperbaiki Bawaslu kedepannya.

"Maka pada 2024 dan di masa depan kita bisa menetapkan visi misi kita (Bawaslu) dan apakah visi misi kita yang sebelumnya sudah tercapai atau belum," kata Bagja kepada wartawan, Jumat, 14 Juni 2024.

Dia menyebut, dengan melihat catatan hasil dari proses Pemilu, terutama catatan dari MK dan DKPP akan menghasilkan rencana strategis (renstra) Bawaslu kedepannya yang di dalamnya ialah bagaimana merumuskan key performance. 

Dia mengatakan penyusunan KPI juga bisa dengan melihat renstra yang dimiliki sebelumnya.

"Kalau diperhatikan apa yang kita lakukan saat ini, itu memang agak berbeda dengan penyusunan renstra 2020-2024. Misalnya pola pengawasan yang menggunakan pic dari divisi yang ditunjuk, ini akan kita evaluasi dan kita sempurnakan untuk menjadikan KPI kita ke depannya," ungkap dia. 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, saat ini Bawaslu telah berusaha menyusun renstra yang nantinya akan dimasukkan sebagai tolak ukur keberhasilan renstra. 

"Apakah nanti hasil ini menjadi perbaikan tolak ukura kita yang sekarang kita punya dan perbaikan di masa yang akan datang atau ditambahkan," ujar dia. sinpo

Komentar: