PILKADA SERENTAK 2024

Bawaslu Minta Panwascam Jaga Soliditas Awasi Tahapan Pilkada 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 14 Juni 2024 | 15:43 WIB
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (SinPo.id/ Rahmat Bagja)
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (SinPo.id/ Rahmat Bagja)

SinPo.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja meminta seluruh Panitia Pengawas tingkat Kecamatan (Panwascam) untuk menjaga soliditas dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada 2024.

Pasalnya, kata dia, pilkada kali ini akan lebih sulit lantaran dilaksanakan secara serentak di 508 kabupaten/kota serta 37 provinsi.

"Sekarang kita menghadapi pertama teman-teman Panwascam akan menghadapi tahapan pemutakhiran data pemilih (mutarlih). Apa sih yang harus diawasi? Bagaimana teman-teman Pantarlih bekerja. Tolong diawasi dengan baik," kata Bagia kepada wartawan, Jumat, 14 Juni 2024.

Setelah tahapan mutarlih, kata Bagja, selanjutnya akan ada tahapan pencalonan partai politik (parpol) yang akan dilaksanakan di bulan Agustus 2024. Dia pun mewanti-wanti Panwascam untuk memperhatikan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), 

"Dengan kehadiran teman-teman (Panwascam) diharapkan (IKP) tidak menjadi yang tertinggi karena sudah ada upaya yang dilakukan teman-teman Panwascam," tutur dia. 

"Setelah itu ada penetapan dan masa kampanye. Di situ lah teman-teman (Panwascam) harus bekerja lebih ekstra. Diharapkan dapat dilakukan dengan baik dan juga kita dapat mengawasi proses kampanye dengan aturan yang lebih jelas," sambungnya. 

Lebih jauh, Bagia juga mewaspadai soal masa tenang di pilkada lantaran akan lebih sensitif karena calon yang mengikuti pilkada akan berasal dari masyarakat di wilayah sendiri yang mungkin Panwascam kenali.

"Oleh sebab itu teman-teman Panwascam sekarang akan melakukan proses-proses yang lebih baik dari sebelumnya. Dan kemudian mutarlih akan menjadi batu awal untuk pengawasan kita," tandasnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI