Jokowi Salurkan 68 Sapi untuk Kurban, Bobotnya Capai 1 Ton

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 14 Juni 2024 | 13:17 WIB
Presiden Jokowi. (SinPo.id/Antara)
Presiden Jokowi. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo akan menyalurkan 68 sapi kurban ke seluruh provinsi di Indonesia, termasuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Berat sapi tersebut, mulai dari 800 kilogram (kg) sampai 1 ton. 

"Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk OIKN 1 dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Juni 2024.

Adapun rincian 68 sapi kurban dari Jokowi akan disebar ke 38 Provinsi, kemudian 1 ekor di Masjid Istiqlal, 1 ekor sapi di OIKN, 1 ekor di Masjid tempat Jokowi shalat Idul Adha, dan 27 ekor sapi diserahkan kepada tokoh adat, tokoh agama, serta pondok pesantren yang berdekatan dengan IKN.

Dan, setiap yang dibagikan Jokowi sudah melewati proses rangkaian kesehatan. Pihaknya bekerja sama dengan dinas peternakan setempat, dan Kementerian Agama (Kemenag) untuk memilih sapi-sapi tersebut agar dipastikan sehat dan terhindar dari penyakit

"Kami pastikan semua sapi dalam sebuah proses di dalam rangka pemilihan tersebut melalui rangkaian-rangkaian kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang memang tidak kita inginkan," ujar Heru.

Untuk penyaluran di Jakarta, tutur Heru, sapi akan diberikan ke Masjid Istiqlal. Penyerahan sapi dilakukan hari ini atau besok.  Sedangkan di IKN, sapi diberikan ke Masjid Darussalam, yang nanti diserahkan langsung oleh Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono.

"Di IKN kami beri kepada OIKN, masjidnya Masjid Darussalam," ujarnya.sinpo

Komentar: