SELEKSI CAPIM KPK

Alexander Marawata Dukung Deputi KPK Maju Calon Pimpinan

Laporan: david
Kamis, 13 Juni 2024 | 16:44 WIB
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (SinPo.id/ David)
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (SinPo.id/ David)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mendukung seluruh deputi dan direktur lembaga antikorupsi untuk maju dalam proses seleksi calon pimpinan (capim) KPK.

"Pokoknya semua deputi di KPK silakan maju kalau yang bersangkutan mau," kata Alex di gedung Merah Putih KPK seperti dikutip Kamis, 13 Juni 2024.

Salah satu yang didorong untuk maju, yakni Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan. Pahala sendiri pernah maju dalam proses seleksi capim KPK periode 2019-2023. Namun, Pahala tidak lolos dalam tes psikologi.

"Kalau saya sih dorongnya sudah sampai mentok," kata Alex. 

Tidak hanya Pahala, Alex menekankan mendorong seluruh pejabat KPK yang memenuhi syarat usia untuk maju dalam proses seleksi capim kali ini.

"Kembali lagi yang bersangkutan, saya sampaikan silakan saja, deputi, direktur juga boleh yang penting kan syaratnya minimal 50 (tahun), kan begitu kan. Direktur silakan saja kalau mau maju wes maju. Prinsipnya seperti itu. Kalau pimpinan semuanya mendorong," katanya. 

Sebelumnya, Pansel Capim KPKmenyambangi Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu 12 Juni 2024.Dalam kesempatan itu, Pansel meminta KPK mendalami rekam jejak para calon pimpinan yang mendaftar.

Hasil penelusuran rekam jejak itu akan menjadi masukan bagi pansel untuk menyeleksi para calon pimpinan lembaga antikorupsi.

"Kami minta bantuan untuk clearance pada calon-calon pimpinan KPK yang daftar di dalam seleksi ini,” kata Ketua Pansel KPK, Muhammad Yusuf Ateh di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Selain rekam jejak, Ateh mengatakan, pansel juga menerima berbagai informasi mengenai kondisi KPK, tantangan yang dihadapi, hingga kriteria pemimpin yang dibutuhkan lembaga antikorupsi.

Berbagai informasi tersebut dinilai penting untuk mencari kandidat yang tepat memimpin KPK lima tahun mendatang. 

“Banyak sekali informasi yang disampaikan tentang kelembagaan KPK, sosok yang diharapkan, kesulitan, kekurangan, dan pengalaman beliau-beliau selama periode ini. Kami catat semua,” ujar Yusuf.

 sinpo

Komentar: