Hizbullah Tembakkan Ratusan Roket ke Israel dalam Satu Hari

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 13 Juni 2024 | 08:39 WIB
Kebakaran yang disebabkan oleh serangan roket pasukan Hizbullah di Israel. (SinPo.id/Reuters)
Kebakaran yang disebabkan oleh serangan roket pasukan Hizbullah di Israel. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Kelompok pejuang Hizbullah menembakkan sekitar 250 roket ke Israel dalam satu hari, sebagai bentuk pembalasan atas serangan Israel yang menewaskan seorang komandan lapangan senior Hizbullah.

Serangan roket terbanyak dari Hizbullah tersebut memicu kekhawatiran akan terjadinya konfrontasi yang lebih besar antara kedua negara.

Serangan Israel di desa Jouaiyya di Lebanon selatan pada Selasa malam menewaskan tiga pejuang Hizbullah bersama komandan lapangan senior Taleb Abdallah, yang juga dikenal sebagai Abu Taleb.

Abu Taleb sendiri merupakan komandan Hizbullah paling senior yang tewas selama delapan bulan pertempuran, sejak meletusnya perang di Gaza lada Oktober lalu. Selain Abu Taleb, tiga pejuang Hizbullah lainnya juga tewas dalam serangan Israel.

Pejabat senior Hizbullah, Hashem Safieddine, mengatakan kelompok itu akan meningkatkan intensitas, kekuatan, dan kuantitas operasinya terhadap Israel sebagai balasan atas pembunuhannya.

"Jika musuh berteriak dan merintih tentang apa yang terjadi padanya di Palestina utara, biarkan dia bersiap untuk menangis dan meratap," kata Safieddine, dilansir dari Reuters pada Kamis 13 Juni 2024.

Di samping itu, Hizbullah juga mengatakan, pihaknya telah melakukan sedikitnya 17 operasi terhadap Israel pada hari Rabu 12 Juni 2024, sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya sebagai pembunuhan komandan senior oleh Israel di Jouaiyya.

Dalam satu operasi, pejuang Hizbullah menembakkan rudal berpemandu ke sebuah pabrik militer Israel. 

Dalam operasi lain, kelompok itu mengatakan telah menyerang markas besar militer Israel di Ein Zeitim dan Ami'ad, dan sebuah stasiun pengawasan udara militer Israel di Meron. sinpo

Komentar: