Menko PMK: IKN dan Jakarta Akan Jadi Tempat Upacara HUT RI

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 10 Juni 2024 | 15:21 WIB
Ilustrasi Istana Negara di IKN. (SinPo.id/dok. PUPR)
Ilustrasi Istana Negara di IKN. (SinPo.id/dok. PUPR)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-79, pada 17 Agustus 2024 mendatang, akan digelar di dua tempat, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, dan Istana Kepresidenan Jakarta.

"(Upacara HUT RI) Sebagian di IKN, sebagian di sini (Jakarta)," ujar Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin, 10 Juni 2024. 

Muhadjir menjelaskan, upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Sejumlah tamu negara, seperti duta besar negara sahabat juga akan diundang hadir ke IKN. Namun, mereka tidak menginap di IKN. 

"Duta besar juga nanti di IKN, dan tidak menginap. Jadi langsung upacara terus balik," katanya.

Sedangkan upacara HUT RI di Kompleks Istana Jakarta, dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Muhadjir mengatakan, dalam rapat yang dihadiri sejumlah perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta pemangku kepentingan terkait itu, Presiden Jokowi mengusulkan agar undangan kepada sejumlah tokoh nasional, seperti mantan presiden dan wakil presiden diberikan perhatian khusus.

"Itu tadi masih diusulkan, Pak Presiden merekomendasikan pokoknya tokoh-tokoh dapat perhatian, apakah di sini atau di IKN," ungkapnya.

Ia juga mengungkap pembahasan rapat tadi salah satunya seputar perhelatan hiburan yang akan difasilitasi Sekretariat Negara (Setneg) secara hybrid (dalam jaringan dan luar jaringan).

"Hiburan di IKN iya, dan di Istana Kepresidenan Jakarta iya," papar Muhadjir.

Terkait kebutuhan akomodasi, Muhadjir menyebut persiapan Bandara IKN, menurut laporan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sudah mencapai 90 persen.

"Akomodasi Insya Allah sudah siap. Karena nanti bandara kepastiannya akhir Juli, akan dipastikan fungsionalnya bandara. Jalan tol juga Insya Allah sudah aman, tapi nunggu sampai akhir Juli," tandasnya.sinpo

Komentar: