Disdik DKI Bantah Situs PPDB Down: Itu karena Penumpukan

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 10 Juni 2024 | 14:56 WIB
Ilustrasi PPDB DKI Jakarta. (SinPo.id/Pemprov DKI)
Ilustrasi PPDB DKI Jakarta. (SinPo.id/Pemprov DKI)

SinPo.id - Wakil Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Purwosusilo menjelaskan, penyebab situs ppdb.jakarta.go.id sempat tak bisa diakses oleh para orang tua atau wali dan Calon Peserta Didik Baru (CPDB) pada pukul 08.00 WIB ketika pendaftaran dibuka, bukan karena situs mati atau down, melainkan terjadi penumpukan. Pangkalnya, sekitar puluhan ribu orang mengakses secara bersamaan. 

"Pada saat detik pertama (dibuka pendaftaran) sampai 10 menit itu terjadi penumpukan, tapi masyarakat tetap bisa akses. (Situsnya) Bukan eror, lancar-lancar saja," kata Purwosusilo kepada wartawan, Senin, 10 Juni 2024. 

Menurut Purwosusilo, penumpukan semacam ini kerap terjadi lantaran Calon Peserta Didik Baru (CPDB) membuka situs https://ppdb.jakarta.go.id secara bersamaan.

"Seperti biasa, dalam sebuah sistem itu di awal bareng (masuk server), sudah sekian puluh ribu. (Servernya) Nggak error," ujar Purwosusilo.

Purwosusilo memastikan, pendaftaran PPDB berjalan secara normal dan stabil. Sistem juga diawasi saat pendaftaran berlangsung.

"Kalau menurut pengalaman yang ada, di sistem itu sudah termonitor. Jadi untuk kelanjutannya terus sudah berjalan secara stabil," kata dia.

Sebagai informasi, mulai hari ini, Senin, 8 Juni 2024, Disdik DKI menggelar pendaftaran dan pemilihan sekolah bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB). 

Orang tua CPDB diimbau tak panik saat melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di laman http://ppdb.jakarta.go.id/. Jika menemui kendala, orang tua dapat mendatangi posko PPDB terdekat. 

"Kepada masyarakat tenang tidak usah panik, ikuti PPDB sesuai dengan jadwalnya. Kemudian kalau ada kendala maka kunjungi posko terdekat," kata Purwosusilo.sinpo

Komentar: