PM Denmark 'Dipukul' Pria Tak Dikenal di Kopenhagen

Oleh: VOA Indonesia
Sabtu, 08 Juni 2024 | 20:46 WIB
Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen (SinPo.id/Reuters)
Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen "dipukul" pada Jumat, 7 Juni 2024, oleh seorang pria di alun-alun Kopenhagen, kata kantornya. Para pemimpin Uni Eropa mengutuk serangan tersebut.

Kantor perdana menteri Denmark mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada AFP bahwa Frederiksen "terkejut dengan insiden tersebut", tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

"Perdana Menteri Mette Frederiksen dipukul oleh seorang pria pada Jumat malam di Kultorvet di Kopenhagen. Pria itu kemudian ditangkap," kata pernyataan itu.

Insiden ini terjadi setelah serangkaian serangan terhadap politisi dari berbagai spektrum politik di Jerman, baik di tempat kerja maupun selama kampanye menjelang pemilihan Uni Eropa minggu ini.

Sebelumnya, pada 15 Mei 2024 lalu, Perdana Menteri Slovakia Robert Fico ditembak empat kali dari jarak dekat saat dia menyapa para pendukungnya setelah pertemuan pemerintah di pusat Kota Handlova.

Fico, yang berhasil selamat dari upaya pembunuhan tersebut, segera dilarikan ke rumah sakit di kota terdekat setelah insiden penembakan itu. Ia harus menjalani dua operasi yang memakan waktu cukup lama.

Dua saksi, Marie Adrian dan Anna Ravn, mengatakan kepada surat kabar BT bahwa mereka melihat Frederiksen tiba di alun-alun ketika mereka sedang duduk di dekat air mancur terdekat sebelum pukul 18.00 waktu setempat.

“Seorang pria datang dari arah berlawanan dan mendorong bahunya dengan keras, menyebabkan dia terjatuh ke samping,” kata kedua perempuan tersebut kepada surat kabar tersebut.sinpo

Komentar: