Pemprov DKI Kampanyekan Berjalan Kaki untuk Perbaikan Kualitas Udara

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 08 Juni 2024 | 15:52 WIB
Ilustrasi pejalan kaki di trotoar Jakarta (SinPo.id/ Beritajakarta)
Ilustrasi pejalan kaki di trotoar Jakarta (SinPo.id/ Beritajakarta)

SinPo.id - Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan menyelenggarakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dan Selebrasi Jakarta Berjaga: Integrasi Hebat, Hidup Berkualitas di Area Parkir Selatan Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat pada Minggu, 9 Juni 2024 besok.

Rangkaian acara diisi dengan pameran lingkungan hidup, Funwalk Jakarta Berjaga, gelar wicara, nonton bareng dan berbagai hiburan. Rencananya, acara ini dihadiri oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan akan dihadiri 5.000 lebih peserta serta akan mendapatkan rekor MURI untuk memecahkan rekor jalan kaki 7.500 langkah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, Gerakan Jakarta Berjaga bertujuan membentuk kebiasaan berjalan 7.500 langkah per hari selama 14 hari, selain membuat hidup lebih sehat juga membuat kualitas udara lebih baik.

"Ini merupakan terobosan dari Pemprov DKI Jakarta untuk menyongsong statusnya sebagai kota Global. Dinas Lingkungan Hidup berkomitmen menciptakan lingkungan hidup yang berkualitas agar warganya bisa hidup dengan sehat," ujar Asep, Sabtu, 8 Juni 2024.

Ia menyampaikan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berkomitmen menciptakan lingkungan hidup yang berkualitas salah satunya dengan memperbaiki kualitas udara agar warga bisa melaksanakan aktivitas dengan sehat.

“Langkah-langkahnya sudah ada, Pempov DKI Jakarta mengimplementasikan Strategi Pengendalian Kualitas Udara (SPPU) hingga 2030, termasuk strategi untuk mencapai kesahatan warganya,” katanya.

Asep berharap dengan mengintegrasikan kampanye di kedua bidang ini bisa mencapai hasil yang lebih maksimal untuk kebaikan warga Jakarta.

“Tujuannya kampanye ini bisa membuat warga Jakarta bergaya hidup sehat dan lebih peduli pada lingkungan,” pungkas Asep.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan kampanye pembiasaan berjalan kaki melalui Jakarta Berjaga (Bergerak, Bekerja, Berolahraga, dan Bahagia). Tujuannya, untuk kesehatan masyarakat dan mewujudkan kualitas udara yang lebih baik.

Gerakan ini merupakan sinergi antara Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta serta bagian dari rangkaian HUT ke-497 Kota Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan, kampanye Jakarta Berjaga mendorong masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat menuju sumber daya manusia mumpuni sebagai kota global.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat melalui kampanye Jakarta Berjaga. Ini bukan hanya tentang berolahraga, tetapi juga tentang menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik dan kebahagiaan," ungkap Ani.

Kampanye ini secara khusus menargetkan usia produktif untuk melakukan jalan kaki sebanyak 7.500 langkah per hari. Selain itu, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov DKI diwajibkan menjadi pelopor dan disebut sebagai ‘Agent of Change’ bagi warga Jakarta.

"Dengan mendorong ASN sebagai Agent of Change kami berharap mereka dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas dalam menerapkan gaya hidup sehat dan peduli lingkungan," tandasnya.sinpo

Komentar: