PENGELOLAAN BUS PARIWISATA

Polri: Pengelolaan Bus Pariwisata Butuh Kerja Sama Stakeholder Terkait

Laporan: Firdausi
Sabtu, 08 Juni 2024 | 15:17 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pengelolaan bus pariwisata yang aman dan berkeselamatan bagi penumpang diperlukan kerjasama seluruh stakeholder terkait. 

Hal ini penting, kata dia, guna untuk mengantisipasi kejadian kecelakaan maut yang pernah terjadi beberapa pekan lalu. 

"Upaya-upaya pengelolaan bus pariwisata yang aman dan berkeselamatan perlu bersama-sama mengelola ini baik itu dari Polri, kementerian, dan sebagainya," kata Aan Suhanan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 8 Juni 2024. 

Jenderal bintang dua ini juga menyinggung perlunya ketaatan dalam berlalu lintas yang dinilai sebagai faktor utama dalam keselamatan berkendaraan. 

"Merubah budaya berkendaraan, budaya berlalu lintas, perlu menimbangkan seluruh komponen masyarakat sebagai faktor keselamatan," ujarnya. 

Lebih lanjut, Aan menjelaskan soal penegakkan hukum dan merubah budaya berlalu lintas yang ugal-ugalan. Ini juga menjadi hal yang sangat penting diterapkan karena sangat berpengaruh untuk keselamatan berlalu lintas. 

"Salah satu faktor keselamatan tidak hanya debit pariwisata, budaya bangsa, karakter bangsa, bisa dilihat dari bagaimana cara berlalu lintas," tegasnya. sinpo

Komentar: