HUBINTER POLRI

Tangkap Buron Paling Dicari, Polri Dapat Penghargaan dari PM Thailand

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 08 Juni 2024 | 08:41 WIB
Polri mendapat penghargaan dari PM Thailand (SinPo.id/ Humas Polri)
Polri mendapat penghargaan dari PM Thailand (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Polri menerima penghargaan dari Perdana Menteri Thailand, Srettha Tavisin, atas penangkapan Chaowalit Thongduang, buronan nomor satu Thailand, yang berhasil diamankan oleh tim Polri.

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan oleh Perdana Menteri Thailand tersebut.


“Ini membuktikan kerja sama police to police antara Polri dengan Kepolisian Thailand (Royal Thai Police) efektif dalam upaya pencegahan transnasional crime,” kata Krishna Murti dalam keterangannya, Sabtu, 8 Juni 2024.

Krishna menyampaikan penangkapan buronan nomor satu Thailand ini menjadi daya tawar yang kuat dengan otoritas Thailand untuk dapat juga membantu mencari dan menangkap gembong narkoba asal Indonesia, Fredy Pratama. Fredy kini disinyalir masih berada di Thailand.

Menteri Kehakiman Thailand, Tawee Sodsong, yang mewakili PM Srettha Tavisin memberikan penghargaan tersebut kepada delegasi Polri yang dipimpin Kabag Kejahatan Internasional (Jatinter) Divisi Hubinter Polri, Kombes Audie S Latuheru, di kantornya, Bangkok, Rabu, 5 Juni 2024.

Tawee yang sempat datang ke Medan menyaksikan kolaborasi Polri dan aparat penegak hukum Thailand menyatakan terkesan dengan kinerja Polri.

Pada kesempatan yang sama Audie mengatakan sangat senang melaksanakan perintah pimpinan Polri dalam mewujudkan kerja sama police to police. Dia menyampaikan, Polri juga menanti kinerja Kepolisian Thailand untuk membantu menangkap buronan Fredy Pratama.

“Pak menteri, kami telah menyelesaikan PR kami dengan baik, sekarang kami menanti teman-teman Polisi Thailand untuk menyelesaikan PR mereka,” kata Audie.sinpo

Komentar: