Jokowi Bakal Canangkan Hari Kewirausahaan Nasional di Perayaan HUT ke-52 Hipmi

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 08 Juni 2024 | 00:32 WIB
Ketua Umum BP Hipmi Akbar Himawan
Ketua Umum BP Hipmi Akbar Himawan

SinPo.id -  Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) akan genap berusia 52 tahun pada Senin 10 Juni 2024. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan hadir, dan mencanangkan Hari Kewirausahaan Nasional jatuh pada 10 Juni.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Akbar Himawan Buchari menjelaskan, setelah dibentuk 10 Juni 1972, Hipmi berhasil membentuk generasi wirausaha muda yang berperan penting dalam perekonomian nasional.

"Hipmi tidak hanya mencetak pengusaha muda, tetapi juga melahirkan pemimpin di tingkat nasional dan daerah. Ini bukti bahwa Hipmi berhasil mewujudkan visi dan misinya," ujar Akbar dalam keterangan resminya, Jumat 7 Juni 2024

Di usianya yang lebih dari setengah abad, Hipmi telah menunjukkan kematangannya sebagai sebuah organisasi maupun kader yang telah dilahirkan. Sehingga, Akbar menyebut, perayaan ini akan dijadikan momentum untuk meningkatkan peran Hipmi dalam mendukung pembangunan nasional.

Akbar mengatakan, HUT ke-52 Hipmi juga akan dijadikan momentum untuk mengapresiasi Presiden Joko Widodo. Sebab, Jokowi sangat konsen terhadap dunia usaha. Terbukti dari peningkatan jumlah pengusaha selama periode kepemimpinannya.

"Peran Pak Jokowi sangat signifikan. Sejak beliau dilantik hingga di akhir kepemimpinan puluhan juta pengusaha baru telah lahir dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional," ucap Akbar.

Selain itu, ia menyebut Presiden akan mencanangkan Hari Kewirausahaan Nasional jatuh pada tanggal 10 Juni. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang termotivasi menjadi pengusaha.

Kata Akbar, semakin banyak pengusaha, tentu lapangan pekerjaan akan semakin banyak. Hal ini tentu sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

"Dengan bonus demografi, dan ekosistem yang telah terbentuk, saya yakin Indonesia akan menjadi tuan di negeri sendiri," kata Akbar.

Ketua Pelaksana HUT ke-52 Hipmi, Muhammad Aaron Annar Sampetoding menambahkan, acara ini akan digelar di Hotel Fairmont, Jakarta. Adapun tema yang diangkat Hipmi adalah "Mengawal Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas".

Selain dihadiri Presiden Jokowi, acara ini juga akan dihadiri Presiden Terpilih Prabowo Subianto, serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Nantinya Luhut akan menjadi keynote speaker dengan teman Mengawal Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas.

Tak sampai di situ. HUT ke-52 Hipmi juga akan diisi Indonesian Young Leader Forum. "Bentuknya diskusi panel yang akan diisi pengusaha muda Indonesia," terang Aaron.sinpo

Komentar: