DPR Berkomitmen Kawal Penuh Pelaksanaan Pelayanan Jamaah Haji Indonesia

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 07 Juni 2024 | 08:31 WIB
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Marwan Dasopang. (SinPo.id/Dok. DPR RI)
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Marwan Dasopang. (SinPo.id/Dok. DPR RI)

SinPo.id - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Marwan Dasopang, mengatakan pohaknya akan berkomitmen mengawal penuh pelaksanaan pelayanan terhadap jemaah haji Indonesia agar dapat berjalan dengan optimal.

Menurutnya hasil evaluasi pelaksanaan haji tahun sebelumnya dapat menjadi perbaikan pelayanan di titik-titik yang berpotensi timbul permasalahan, salah satunya saat prosesi ibadah di Arafah, Mina, dan Mudzalifah.

"Kami mendorong pemerintah apa yang menjadi kesepakatan (terkait pelayanan) dengan Panja itu bisa dilaksanakan dengan baik,” ujar Marwan, dalam keterangan persnya, seraya meminta pemerintah untuk mengantisipasi berbagai permasalahan. Dikutip Jumat 7 Juni 2024.

Ia juga meminta pemerintah untuk konsisten mengimplementasikan tagline haji ramah lansia, salah satunya dengan kesigapan para petugas haji. Ia berharap, petugas haji dapat berkonsentrasi penuh membantu jamaah haji jika mengalami kendala saat akan beribadah.

“Maka petugas yang diberangkatkan ini, cobalah konsentrasi menjadi petugas, jangan mengutamakan ibadah, karena melayani jamaah itu ibadah, maka jamaah kita yang kesasar atau hilang bisa segera ditemukan atau mencegah supaya jamaah kita tidak kesasar,” tegasnya.

Sementara itu, kata Marwan, DPR RI selaku tim Pengawasan eksternal selama di Arab Saudi untuk Tahap I akan difokuskan kepada aspek akomodasi (pemondokan), katering (konsumsi), transportasi, dan kesehatan bagi jemaah haji.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI