Demo di Patung Kuda: Singgung Tapera, BPJS hingga UKT

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 06 Juni 2024 | 12:24 WIB
Unjuk rasa buruh di Patung Kuda. (SinPo.id/Tio)
Unjuk rasa buruh di Patung Kuda. (SinPo.id/Tio)

SinPo.id - Massa buruh yang menolak kebijakan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) mulai menggelar unjuk rasa di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Kamis, 6 Juni 2024.

Pantauan SinPo.id, lokasi buruh unjuk rasa tepat di depan Gedung Indosat yang akses jalan menuju Istana Negara sudah ditutup pagar beton, sementara dari Jalan Medan Merdeka Barat menuju MH Thamrin tetap dibiarkan terbuka, masih ramai lancar. 

Massa membawa sejumlah bendera, spanduk, poster, berisi tuntutan yang dibentang dipinggir japan. Di depan mobil komando, tampak bendera Partai Buruh berkibar. 

Meski aksi diklaim dilakukan ribuan dari gabungan serikat buruh, akan tetapi kondisi lalu lintas di sekitar bundaran  Patung Kuda masih terpantau ramai lancar dengan beberapa pengamanan dilakukan oleh pihak kepolisian. Dan, massa buruh yang duduk juga banyak untuk berteduh dari terik matahari, kendati berkali-kali diimbau untuk masuk ke dalam barisan. 

Pentolan serikat terlihat bergiliran orasi dengan silih berganti berorasi menyampaikan sejumlah tuntutan, baik penolakan kebijakan Tapera, Undang-Undang Omnibus Law, uang kuliah tunggal (UKT), penolakan KRIS atau BPJS Kesehatan dan penghapusan OutSourching Tolak Upah Murah (HOSTUM).

Untuk serikat buruh dalam aksi kali yaitu dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (FSPKEP), Serikat Pekerja Nasional (SPN), dan serikat lainnya. sinpo

Komentar: