Mendagri Tito Ngebet Segera Pindah ke IKN, Siap Ikut Gelombang Pertama

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 06 Juni 2024 | 02:19 WIB
Jokowi tinjau pembangunan IKN (SinPo.id/Kemendagri)
Jokowi tinjau pembangunan IKN (SinPo.id/Kemendagri)

SinPo.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku tak sabar ingin pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Bahkan dirinya mengaku siap mengikuti gelombang pertama pemindahan ke IKN.

Hal tersebut disampaikan, Tito saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Saya tidak sabar, kalau menunggu ingin pindah ke sini,” ujar Mendagri dalam keterangannya, Rabu, 5 Juni 2024.

Kesiapan Tito ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, IKN memberikan banyak kenyamanan salah satunya adalah indeks polusinya yang sangat rendah, berbeda dengan Jakarta. “Ini di sini kan segar, oksigen,” ujarnya.

Alasan berikutnya yaitu IKN dilengkapi oleh berbagai fasilitas, termasuk di Kota Balikpapan. Terlebih saat masih tugas di Polri, dirinya juga sempat merasakan tugas ke beberapa daerah yang kadang mengharuskannya jarang bertemu keluarga. Karena itu, kepindahan ke IKN tidak terlalu membuatnya sulit.

Di lain sisi, pihaknya juga telah menyiapkan sekitar 200 aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pindah tugas ke IKN. “Kita juga meminta juga, saya tidak mau paksa, yang mau, yang mau karena salah satu rangsangan kita kepada mereka di sini untuk punya pengalaman baru,” ujarnya.

Dia menjelaskan, salah satu insentif bagi ASN yang bersedia pindah ke IKN adalah diprioritaskan dalam promosi karier. Pasalnya, ASN yang bersedia bertugas ke IKN merupakan orang-orang petarung dan menjadi momentum penilaian. 

“Ini saya sudah buka kemarin, di Kemendagri hampir 6.000-an karyawannya, itu sudah 200 rebutan mau ke sini, dan saya sendiri saya sangat siap untuk gelombang yang pertama,” tandasnya.sinpo

Komentar: