Kepala Otorita Mundur, Wapres Yakini Pembangunan IKN Tidak Terganggu

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 04 Juni 2024 | 22:46 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut proses pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN akan tetap berjalan kendati terjadi pergantian kepemimpinan pada struktur organisasi Otorita IKN. 

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakilnya, Dhony Rahajoe mengundurkan diri. Hal ini diumumkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) secara resmi pada Senin, 3 Juni 2024.

Meskipun tidak mengetahui alasan pengunduran diri tersebut, Ma'ruf Amin meyakini bahwa dinamika seperti ini adalah hal yang biasa dalam proses pembangunan.

“Pertama, saya tidak tahu ya alasannya kenapa itu. Pak Pratik tidak menjelaskan, saya juga tidak tahu, tapi bahwa ada itu mundur, kemudian ganti, itu saya kira biasa di dalam proses kita [membangun]. Pembangunan itu kan ada yang mundur, ada yang kemudian diganti,” ujar Wapres dalam keterangan persnya, Selasa, 4 Juni 2024.

Wapres menerangkan bahwa untuk sementara ini, Presiden telah menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Wakil Menteri PUPR untuk mengambil alih tugas-tugas Otorita IKN.

“Pak Basuki kan memang terus-terusan dari awal sudah menjalankan tugas itu sebagai Menteri PUPR, pembangunannya. Jadi, artinya sementara ini tidak terjadi kekosongan, artinya bisa [terus berjalan],” jelasnya.

Terkait kandidat pengganti Kepala Otorita yang baru, Wapres menyatakan bahwa belum ada pembicaraan resmi mengenai hal tersebut.

“Nantinya seperti apa atau siapa [penggantinya] itu belum tahu saya. Nanti biasanya akan dibicarakan dalam sidang kabinet bahwa ini, ini, pertimbangannya apa, dan sebagainya,” tambahnya.

Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga mengungkapkan bahwa penunjukan pengganti definitif bisa saja dilakukan oleh Presiden saat ini atau oleh Presiden yang baru nanti.

“Bisa saja bahwa yang akan menunjuk Presiden baru nanti ya, tapi yang jelas memang belum ada pembicaraan sekarang ini, apakah sebelum Presiden baru sudah ditunjuk atau mungkin saja penunjukan itu pada saat sesudah Presiden baru dilantik,” ungkapnya.

Namun, Wapres menekankan pentingnya kelancaran pembangunan IKN tanpa hambatan meski terjadi pergantian kepemimpinan.

“Saya harap bahwa pembangunan ini terus berjalan seperti dikatakan Presiden dan tidak ada hambatan walaupun ada Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita itu mengundurkan diri karena sudah ada yang menggantikan sementaranya,” tutup Wapres.sinpo

Komentar: