Wapres Harap Pansel Seleksi Capim KPK yang Berintegritas untuk Berantas Korupsi

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 04 Juni 2024 | 21:13 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap panitia seleksi (Pansel) melakukan seleksi ketat dalam proses rekrutmen calon pimpinan dan anggota dewan pengawas komisi pemberantasan korupsi (Capim KPK) 2024-2027.

Menurut Ma'ruf Amin, hal tersebut agar pimpinan terpilih nantinya dapat secara tegas memberantas tindakan korupsi di Indonesia.

“Kita harapkan pansel ini bekerja dengan baik dan bisa menyeleksi betul calon-calon pimpinan KPK ke depan. Nah kita harapkan ke depan tentu lebih baik lagi, ya, supaya betul-betul yang memiliki integritas, kemampuan dan integritas melakukan [pemberantasan korupsi],” tegas Ma'ruf Amin dalam Keterangan persnya, Selasa, 4 Juni 2024.

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan, setelah melewati lima periode kepemimpinan, sudah banyak pengalaman yang dapat dijadikan referensi dalam pemilihan calon pimpinan mendatang.

“Karena sudah sekian periode ya, sudah berapa, lima ya, saya kira sudah banyak tentu pengalaman yang sudah dijalankan,” ungkapnya.

Selain itu, Wapres menilai, pengalaman tersebut juga dapat menjadi pegangan agar penanganan pemberantasan korupsi ke depan lebih baik lagi.

“Hambatannya, atau hal-hal yang [terkait] keberhasilannya, saya kira lima tahun ini diharapkan sudah cukup semacam pengalaman-pengalaman yang sudah dilakukan itu. Karena itu kita harapkan ke depan sudah bisa bekerja lebih baik lagi,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pansel Capim KPK 2024-2027 telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 63/P Tahun 2024.

Dalam menjalankan tugasnya, pansel harus menyeleksi dan menentukan 10 nama calon pimpinan serta calon dewan pengawas untuk diserahkan kepada Presiden. sinpo

Komentar: