Gerindra Rekomendasikan Kang Emil untuk Pilkada Jakarta

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 04 Juni 2024 | 14:39 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id -  Ketua Harian Partai Gerindra Dasco mengatakan partainya akan merekomendasikan nama mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) maju sebagai calon gubernur untuk Pilkada Jakarta 2024.

"Bahwa kemudian soal posisi Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberi rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024.

Sebelum Kang Emil, nama Budisatrio Djiwandono santer diberitakan sebagai bakal calon gubernur untuk Pilkada Jakarta. Munculnya nama Budisatrio itu disebut bagian dari aspirasi masyarakat dan sejumlah kader Partai Gerindra.

Namun, Budisatrio telah memberikan pernyataan ke seluruh kader, termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bahwa dirinya tidak ingin maju di Pilkada DKI dan ingin fokus di Parlemen.

"Nah tapi dalam perkembangannya memang mas Budi Djiwandono itu sudah ngomong ke kami, ke kita-kita, termasuk Pak Prabowo, ingin fokus di Parlemen itu aja," kata Dasco.

Sementara itu, Kang Emil sendiri telah melakukan pertemuan dengan Prabowo beberapa waktu lalu. Namun, Dasco menepis kabar pertemuan itu untuk membahas Pilkada Jakarta.

Menurut Dasco, pertemuan Presiden terpilih Prabowo dengan Kang Emil itu unuk membahas pembangunan IKN. Dasco menyebut Prabowo ingin mengetahui banyak soal progres pembangunan IKN ke depan.

Dari dialog itu, kata Dasco, banyak hal yang dipahami Prabowo untuk melanjutkan pembangunan IKN ke depan. "Ya, kalau Kang RK kemarin ada bicara mengenai bagaimana kemudian IKN ke depan terutama dari sisi planologi," kata Dasco.sinpo

Komentar: