Jokowi Tunjuk Basuki Hadimuljono Jadi Plt Kepala Otorita IKN

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 03 Juni 2024 | 13:06 WIB
Mensesneg Praktikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR Raja Juli. (SinPo.id/dok. Sesneg)
Mensesneg Praktikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR Raja Juli. (SinPo.id/dok. Sesneg)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menjadi Pelaksana tugas (Plt) Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN. Keduanya menggantikan Bambang Susantono dan Donny Rahajoe yang mengundurkan diri.

"Bapak Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan mengangkat Wamen ATR/BPN sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Senin, 3 Juni 2024.

Pratikno menyampaikan, Keppres pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Donny Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN, telah diterbitkan. "Disertai ucapan terima kasih terhadap pengabdian beliau-beliau," kata Pratikno. 

Namun, Praktikno tak memerinci kapan kedua sosok ini mengundurkan diri. Tapi, permohonan lebih dulu disampaikan Donny Rahajoe yang menjabat sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

"Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono, dari Kepala Otorita IKN,” ujarnya.

Selanjutnya, Basuki dan Raja Juli Antoni akan melanjutkan pekerjaan yang ditinggalkan Bambang dan Donny. Mereka diminta mempercepat pembangunan.

"Dengan visi semula, tetap konsisten dengan rencana Nusa Rimba Raya dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar juga,” ujar Praktikno.

Sebagai informasi, Bambang dilantik oleh Presiden Jokowi pada Maret 2022. Adapun Jokowi berencana untuk menggelar upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 pertama kali di IKN.sinpo

Komentar: