MENTERI ATR/BPN

AHY Imbau Jajarannya Lebih Responsif Melayani Masyarakat

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 02 Juni 2024 | 14:43 WIB
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/ Dok. ATR)
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/ Dok. ATR)

SinPo.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengimbau seluruh jajarannya untuk memberikan pelayanan yang responsif kepada masyarakat.

"Birokrasi yang kita bangun harus semakin responsif, melayani, dan profesional," kata AHY dalam keterangannya, Minggu, 2 Juni 2024.

Ketua Umum Partai Demokrat itu menyampaikan, indikasi sebuah  layanan sudah berkualitas, yaitu adanya kepuasan dari masyarakat. Sebab, masyarakat akan merasakan layan yang cepat, akuntabel, transparan, ekonomis, bahkan ada yang bebas biaya.

Menurut AHY, implementasi layanan elektronik dinilai dapat mewujudkan layanan yang prima kepada masyarakat. Karena akan mempercepat proses yang selama ini dianggap cukup berbelit-belit.

"Dan ini semuanya memang akan mempercepat proses-proses yang memang selama ini cukup berbelit-belit," ujar AHY.

Bagi AHY, transformasi digital juga sangat penting. Sebab ebab sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat meluncurkan GovTech Indonesia (Portal INA Digital) dan SPBE Summit 2024.

AHY menambahkan, kehadiran birokrasi harus melayani, bukan mempersulit dan bukan malah memperlambat, sehingga seharusnya yang menjadi tolok ukur adalah kepuasan, manfaat yang diterima hingga kemudahan urusan masyarakat.

"Nantinya semua layanan publik terintegrasi termasuk layanan elektronik, dengan ini akan membypass banyak sekali hal, termasuk tahapan administratif yang selama ini melelahkan. Mari kita sukseskan bersama semangat transformasi digital secara menyeluruh," terang AHY.sinpo

Komentar: