GENOSIDA ISRAEL

Genosida Israel, Xi Jinping: Perang Tak Boleh Terus Berlanjut

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 01 Juni 2024 | 17:49 WIB
Presiden China Xi Jinping (SinPo.id/ AP Photo)
Presiden China Xi Jinping (SinPo.id/ AP Photo)

SinPo.id - Presiden China Xi Jinping mengatakan perang di Gaza tidak boleh berlanjut tanpa batas waktu. Selain itu, dia juga menegaskan kembali dukungan China terhadap pendirian negara Palestina yang merdeka.

“Perang tidak boleh berlanjut tanpa batas waktu. Keadilan tidak boleh hilang selamanya. Komitmen terhadap solusi dua negara tidak boleh goyah,” kata Xi pada Forum Kerjasama China-Arab di Beijing, dikutip dari laman Anadolu, Sabtu, 1 Juni 2024.

Xi mengatakan China dengan tegas mendukung pembentukan negara Palestina merdeka yang memiliki kedaulatan penuh berdasarkan perbatasan tahun 1967, dan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Dia juga menekankan kembali dukungannya agar Palestina menjadi negara anggota penuh PBB. China juga kembali menegaskan seruan untuk mengadakan konferensi perdamaian internasional yang lebih luas, berwibawa, dan efektif.

"China akan terus mendukung upaya meringankan krisis kemanusiaan di Gaza dan rekonstruksi pascaperang," katanya.

China, sambungnya, juga mendukung Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dalam memberikan bantuan kemanusiaan darurat ke Gaza.

Forum tersebut juga dihadiri Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa, Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi, Presiden Tunisia Kais Saied dan Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.sinpo

Komentar: